Waduh! Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Tembus 2 Ribu Lebih

Waduh! Kasus Aktif Covid-19 di Pekanbaru Tembus 2 Ribu Lebih
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy

Riauaktual.com - Kasus aktif covid-19 di Kota Pekanbaru tembus hingga 2.073 kasus. Kasus masih tinggi pada pekan pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kota Pekanbaru. 

Data yang dirilis Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Rabu (16/2/2022) jumlah pasien positif yang masih jalani isolasi mencapai 1.973 orang. Banyak dari pasien terkonfirmasi kini menjalani isolasi secara mandiri dan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. 

Sedangkan jumlah pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit hanya 103 orang. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan, bahwa kasus aktif mengalami peningkatan seiring proses penelusuran pasien kontak erat.

"Mayoritas merupakan kontak erat dari pasien yang terkonfirmasi lebih dulu," terang Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (17/2/2022). 

Menurutnya, penyebaran kasus saat ini cukup cepat karena diperkirakan kasus yang ada merupakan varian Omicron. Salah satu ciri dari varian Omicron yakni penyebarannya cukup cepat dibanding varian delta atau varian sebelumnya.

Ia menyebut Kota Pekanbaru telah masuk ke gelombang ketiga Covid-19. Ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan menjalankan Prokes. 

"Selain itu kita imbau masyarakat yang belum vaksin agar segera melakukan vaksinasi dalam upaya pengendalian virus," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index