Nama Calon Pj Wali Kota Pekanbaru Sudah Beredar, Ini Harapan Anggota DPRD Riau

Nama Calon Pj Wali Kota Pekanbaru Sudah Beredar, Ini Harapan Anggota DPRD Riau
Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat. Dok.Way/Riauaktual.com

Riauaktual.com - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat menanggapi pergantian Wali Kota Pekanbaru, Firdaus yang akan tiba pada 22 Mei 2022 mendatang, menurutnya Penjabat (Pj) Wali Kota harus meneruskan hal positif yang sudah dilakukan Firdaus. 

"Hal-hal yang sudah dilakukan oleh Wali Kota dalam mewujudkan kota ini menjadi lebih baik itu harus didukung, salah satunya Kebijakan Kawasan Industri Strategis di Tenayan, ini kan perlu diteruskan oleh Pj nya," ucap Ade, Rabu (16/2/2022). 

Legislator Dapil Pekanbaru ini juga menyampaikan program Pekanbaru sebagai Kota Madani sebagai mana cita-cita Wali Kota Pekanbaru, Firdaus harus terus digaungkan. 

"Jangan sampai metropolitan nya dapat, madani nya tidak dapat, ini harus menjadi pekerjaan serius dari Penjabat nantinya," ujarnya. 

Harapan kedepannya, Penjabat Wali Kota memiliki sifat menjiwai Kota Pekanbaru mengingat Kota Pekanbaru adalah kota metropolitan dan madani dan juga barometer Provinsi Riau. 

"Selain menuju metropolitan dan madani, Pj harus mengayomi masyarakatnya, harus mempunyai rasa memiliki," ujar Politisi PAN ini. 

"Pekanbaru ini adalah terasnya Riau, tentu pemegang kebijakan harus memahami betul langkah strategis yang akan dilakukan agar Pekanbaru memiliki visi Kota Perdagangan," pungkasnya. 

Disisi lain, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat dikonfirmasi perihal usulan Pj Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru mengatakan, bahwa usulan Pj bupati/wali Kota sesuai aturan, ada tahapannya.

"Usulan Pj bupati/wali Kota sesuai aturan ada tahapannya. Nanti masing-masing DPRD akan melaksanakan Paripurna Pertanggungjawaban Kepala Daerah, setelah itu DPRD akan memberitahu kami terkait berakhirnya masa jabatan bupati/wali Kota pada tanggal dan bulan sekian," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus menambahkan, untuk Pj Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru diusulkan sebelum AMJ kepala daerah saat ini.

Terkait usulan Pj Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru, pihaknya dalam waktu dekat akan konsultasi ke Kemendagri.

"Konsultasi itu diperlukan untuk mengetahui kapan sebaiknya usulan calon Pj Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru diusulkan, karena kita takut terlambat. Sebab bukan hanya Riau saja yang mengusulkan Pj bupati walikota, tapi seluruh Indonesia mengusulkan," tukasnya.

Meski AMJ Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru pada 22 Mei mendatang, namun beberapa nama pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov Riau mulai muncul ke publik yang bakal diusulkan sebagai Pj Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru oleh Gubernur Riau ke Kemendagri.

Deretan nama yang mencuat adalah Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Staf Ahli Gubernur Yurnalis, Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zen, dan Sekwan DPRD Riau Muflihun.

Sebelumnya beredar prediksi nama-nama yang berpeluang menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru dan Penjabat Bupati Kampar. Mereka adalah SF Hariyanto, Muflihun, Masrul Kasmy, Syahrial Abdi, Yurnalis hingga Joni Irwan.

Berita Lainnya

View All