Enggan Temui Pengunjuk Rasa, Fraksi NasDem Kecewa Kepada Bupati Rohul

Enggan Temui Pengunjuk Rasa, Fraksi NasDem Kecewa Kepada Bupati Rohul
M.Hasby Assodiqi Anggota Fraksi NasDem.

Riauaktual.com - Ratusan petani kelapa sawit dari Kecamatan Kota Lama, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Senin (7/2/2022).
 
Aksi massa tersebut menolak perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT Ekadura Indonesia Sei Manding dan PT. Sumber Jaya Indah Nusa Coy yang berada di Kelurahan Kota Lama, Kabupaten Rokan Hulu.

Namun sayang, aksi para pengunjuk rasa tak ditemui Bupati Rohul Sakiman ataupun Wakil Bupati Indra gunawan. Para petani hanya ditemui Asisten I Erfan Dedi Sanjaya.

Merespon hal tersebut, Fraksi NasDem DPRD Rohul langsung menyampaikan kekecewaan terhadap kepala daerah. Bahkan hal itu disampaikan langsung dalam paripurna penyampaian pandangan fraksi terhadap satu ranperda yang tengah dibahas.

"Melalui forum yang terhormat ini kami dari fraksi NasDem menyampaikan kekecewaan mendalam terhadap Bupati dan Waki Bupati Rohul yang enggan menemui para petani yang tengah menyampaikan aspirasi di kantor Bupati. Padahal para pemangku jabatan tersebut tengah berada di daerah," cetus M.Hasby Assodiqi Anggota Fraksi NasDem.

Ia juga menyebut apa yang disampaikan petani perlu direspon. Karena hal tersebut terkait dengan tidak dilaksanakannya pembangunan kebun plasma seluas 20 persen dan kewajibannya berdasarkan Pasal 58 UU Perkebunan Nomor 39 tahun 2014 dan Pasal 40 huruf k Jo Pasal 64 Permen ATR BPN nomor 7 tahun 2017 yaitu memberikan dan luas hak guna usahanya kepada masyarakat Kota Lama.

"Kami melihat kurangnya keberpihakan pemerintah Kabupaten Rohul kepada masyarakat. Melalui podium yang terhormat ini apabila ketidak berpihakan kepala daerah terus seperti ini kami pastikan akan menggulirkan hak Interpelasi," tegas Hasby di hadapan seluruh hadirin rapat paripurna.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index