Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Klaster Rumah Tangga Sumbang Peningkatan Kasus Covid-19

Klaster Rumah Tangga Sumbang Peningkatan Kasus Covid-19
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil

Riauaktual.com - Sebaran kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru terus mengalami kenaikan. Terjadi penambahan kasus harian sebanyak 25 kasus pada, Selasa (1/2/2022) kemarin.

Jumlah kasus Covid-19 pun meningkat di Kota Pekanbaru pada awal bulan ini. Total jumlah kasus aktif di Kota Pekanbaru mencapai 118 kasus.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, bahwa peningkatan kasus di Kota Pekanbaru karena munculnya klaster rumah tangga. Mereka terkonfirmasi positif covid-19 usai melakukan perjalanan ke luar kota.

"Rata -rata dari klaster rumah tangga, tetapi intinya, bagaimana pun harus tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan," kata Jamil, Rabu (2/2/2022). 

Jamil menyebut, bahwa sesuai instruksi Walikota Pekanbaru masyarakat harus tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan guna mencegah covid-19. Ia berharap dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat kasus bisa menurun.

"Jangan lupa memakai masker dan mencuci tangan, kalau keduanya kita lakukan. InsyaAllah penyebaran covid di Kota Pekanbaru tidak akan bertambah. Intinya disiplin ketat mengikuti protokol kesehatan," terangnya. 

Jamil mengaku sejak awal satgas penanganan covid-19 sudah menyiapkan ruang isolasi dan isolasi terpusat. Ia menyebut ruang isolasi disiagakan guna mengantisipasi lonjakan kasus.

Ada 895 ruang isolasi khusus disiagakan bagi pasien covid-19. Ratusan ruang isolasi itu menyebar di 23 rumah sakit swasta dan pemerintah.

Satgas juga menyiagakan 927 ruang isolasi disiagakan di lima isoter. Kelima isoter tersebut yakni Rusunawa Rejosari, BPSDM, Bapelkes, LPMP dan Asrama Haji Riau.

"Tempat yang sudah siagakan untuk masyarakat, tapi kita berharap ini jangan sampai terjadi, kalau bisa kasus turun dari hari ke hari. Kita berharap kasus melandai dan turun," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index