Keterbatasan Anggaran, Pengadaan Angkutan Feeder Ditunda

Keterbatasan Anggaran, Pengadaan Angkutan Feeder Ditunda
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso (Int)

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menunda penambahan angkutan feeder di sejumlah koridor tahun ini. Penundaan dilakukan karena keterbatasan anggaran dari pemerintah kota. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan bersama TAPD Kota Pekanbaru terkait penganggaran jasa layanan ini. Dikarenakan konsep dari layanan ini sudah selesai dan siap untuk realisasi.

"Konsepnya sudah selesai. Tapi karena keterbatasan anggaran, jadi kita tunda. Kita harus bahas bersama dengan TAPD Pekanbaru, tentang anggarannya nanti," kata Yuliarso, Kamis (27/1/2022). 

Menurutnya, angkutan feeder ini merupakan layanan yang diberikan untuk antar jemput warga dari perumahan ke halte bus TMP. Penumpang hanya menggunakan satu tiket Bus TMP untuk mengakses layanan ini. 

Ia menjelaskan, ada dua opsi untuk menjalankan jasa layanan ini. Pertama dengan sistem BLUD dan opsi kedua melalui operator yang dikerjasamakan.

"Tetapi untuk menjalankan salah satunya, kita perlu anggarannya. Satu koridor itu, untuk unit bus dan lainnya, setidaknya satu sampai dua milyar," jelasnya.

Sebelumnya, Dishub Kota Pekanbaru berencana membuka tiga koridor untuk trayek angkutan feeder pada tahun 2022. Tiga koridor ini rencananya bakal mulai dibuka pada bulan Mei tahun ini. 

Yuliarso mengatakan, tiga koridor ini diantaranya pada Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Rumbai, dan Rumbai Timur.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index