Berikut Lima Cara Atasi Keringat Berlebihan yang Bisa Kamu Lakukan

Berikut Lima Cara Atasi Keringat Berlebihan yang Bisa Kamu Lakukan
ilustrasi berkeringat. ©www.iflscience.com

Riauaktual.com - Berkeringat merupakan hal yang alami dialami oleh tubuh manusia. Walau kadang terasa mengganggu, berkeringat memiliki manfaat bagi kerja tubuh yang seimbang.

Berkeringat merupakan cara untuk mengatur temperatur dalam tubuh kita. Ketika kepanasan, keringat akan keluar dan mendinginkan serta melembapkan tubuh kita.

Walau begitu, tidak semua orang menganggap keringat ini sebagai suatu hal yang mengganggu. Terutama ketika keringat ini terjadi secara berlebih dan meninggalkan noda di baju.

Mencegah keringat berlebih yang meninggalkan noda ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah cara untuk mengatasi munculnya keringat berlebih yang menyebabkan bau.

1. Gunakan Antiperspiran sebelum Tidur

Antiperspiran bekerja dengan menghalau kelenjar keringat sehingga pada akhirnya keringat tak dapat keluar ke permukaan kulit. Pada kondisi ini, sebenarnya keringat tetap diproduksi hanya saja tidak keluar ke permukaan.

Sementara itu, deodoran tidak mencegah keringat namun menyamarkan baunya yang diproduksi oleh bakteri ketika kita berkeringat. Pada sejumlah antiperspiran tertentu, terdapat kandungan deodoran di dalamnya.

Untuk hasil terbaik penggunaan antiperspiran, pastikan bagian ketiak benar-benar kering dan bersih serta gunakan malam hari sebelum tidur. Hal ini terjadi karena pada malam hari, seseorang bisanya berkeringat lebih sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

2. Gunakan Pakaiaan Berbahan Tepat

Pilihan bahan pakaian bisa sangat membantu mencegah munculnya masalah ini. Pastikan memilih pakaian dengan bahan yang ringan dan tidak memerangkap hawa panas di dalam pakaian.

Pilihan warna pakaian juga bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah panas dan berkeringat berlebih. Pakaian berwarna terang terutama warna putih bisa membantu tubuh tetap dingin dan menurunkan risiko berkeringat.

Pakaian berwarna gelap serta memiliki motif juga bisa membantu untuk menyamarkan keringat yang muncul. Pakaian berlapis juga bisa membantu menghindari kondisi ini dan menutupi tampaknya keringat berlebih.

3. Hindari Makanan Tertentu

Pilihan makanan yang tepat juga bisa membantu mengurangi risiko keringat berlebih yang muncul. Pilihan makanan juga bisa mencegah munculnya bau keringat yang tak sedap.

Salah satu makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah keringat berlebih adalah makanan pedas. Pada saat mengonsumsi makanan pedas, tubuh kita akan meresponsnya seperti terhadap rasa panas lain yaitu dengan mengeluarkan keringat.

Minuman lain yang juga perluu dihindari adalah teh dan kopi karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein ini bisa menstimulasi kelenjar adrenal dan menyebabkan keringat di telapak tangan, kaki, dan ketiak.

4. Pastikan Tubuh Tetap Dingin

Berkeringat merupakan cara bagi tubuh untuk mendinginkan diri. Ketika tubuhmu tetap dingin, maka kamu tidak akan berkeringat untuk mendinginkan diri.

Pada saat udara panas, kamu bisa berdiam di rumah dengan kipas angin atau AC menyala. Menutup ruangan dengan gorden juga bisa membuat cahaya matahari tidak masuk dan mencegah cahaya matahari terlalu keras.

Makanan dalam porsi kecil namun rutin juga bisa membantu tubuh tetap dingin. Pasalnya, makan kecil tidak membuat tubuh bekerja terlalu keras. Hal lain yang penting dilakukan adalah tetap memenuhi asupan tubuh.

5. Penanganan Medis

Ketika kamu merupakan seseorang yang berkeringat dalam jumlah banyak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter apakah kamu mengalami hiperdrosis. Pada penderita masalah ini, terdapat beberapa penanganan yang bisa dijalani berupa:

- Obat antiperspiran
- Obat minum
- Antidepresan
- Suntik botox
- Operasi

Sejumlah cara tersebut bisa menangani masalah keringat berlebih yang mungkin kamu alami. Walau begitu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan penanganan medis ini.

 

 

Sumber: Merdeka.com

Berita Lainnya

View All