Taklukkan Crystal Palace, Liverpool Pangkas Jarak dengan Man City

Taklukkan Crystal Palace, Liverpool Pangkas Jarak dengan Man City
Para pemain Liverpool merayakan gol kedua ke gawang Crystal Palace dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Selhurst Park, London, Minggu, 23 Januari 20

Riauaktual.com - Liverpool memangkas selisih poin dengan pemimpin klasemen Liga Inggris, Manchester City, setelah menundukkan tuan rumah Crystal Palace, 3-1, Minggu (23/1/2022), di Stadion Selhurst Park.

Gol-gol yang membawa Liverpool unggul dilesakkan Virgil van Dijk, Alex Oxlade-Chamberlain, dan penalti Fabinho. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Odsonne Edouard.

Dengan kemenangan ke-14 ini Liverpool pun memperkecil selisih dengan pemimpin klasemen Manchester City menjadi 11 poin. Sehari sebelumnya, Man City ditahan imbang Southampton, 1-1. Liverpool baru memainkan 22 pertandingan, sementara Man City sudah 23 kali.

Di kubu Liverpool, manajer Juergen Klopp tak bisa menurunkan Mohamed Salah dan Sadio Mane karena memperkuat negaranya di Piala Afrika. dengan formasi 4-3-3, pelatih asal Jerman itu menampilkan trio Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, dan Diogo Jota di barisan depan.

Sementara Crystal Palace juga bermain dengan formasi 4-3-3, dengan menurunkan Michael Olise, Odsonne Edouard, serta Jean-Philippe Mateta di barisan penyerang.

Liverpool sudah unggul pada menit awal tepatnya menit kedelapan. Gol yang membawa The Reds memimpin dilesakkan Virgil van Dijk dengan tandukan pada menit kedelapan.

Gol berawal dari sepak pojok yang dikirim Andrew Robertson. Bola yang ditendang Robertson langsung disambar dengan sundulan oleh Van Dijk dan tak mampu diantisipasi kiper Vicente Guaita. Skor pun berubah 1-0 untuk tim tamu.

Menit ke-14, Liverpool kembali memiliki peluang. Kali ini Alex Oxlade-Chamberlain menerima umpan terobosan dan berhadapan langsung dengan kiper. Namun peluang itu berhasil digagalkan Vicente Guaita yang mencegah bola dikuasai Oxlade-Chamberlain.

Liverpool bermain lebih santai setelah unggul meski mereka tetap terus melancarkan serangan ke barisan belakang Palace. Namun tuan rumah memiliki peluang menit ke-20. Lewat serangan balik, Michael Olise menerima umpan dari Joel Ward. Namun tendangan pemain nomor 7 itu berhasil ditahan dengan tahan oleh kiper Alisson. Selain itu Joel Ward sudah tertangkap offside.

Menit ke-24, giliran Liverpool memiliki peluang melalui Fabinho. Namun tembakan gelandang asal Brasil yang memanfaatkan umpan Diogo Jota ini melayang di atas mistar gawang.

Liverpool sukses menambah keunggulan pada menit ke-32 melalui aksi Alex Oxlade-Chamberlain. Gol berawal dari kiriman bola Andrew Robertson. Bola kemudian diterima Oxlade-Chamberlain. Pemain bernomor punggung 15 ini mengontrol bola sebentar kemudian melepaskan tendangan kaki kiri.

Kiper Guaita berusaha memblok. Namun Oxlade-Chamberlain mampu menaklukkan dan melesakkan bola ke gawang Palace. Skor pun berubah 2-0.

Palace mendapat peluang mempertipis ketinggalan menit ke-39. Momen ini berawal dari kesalahan Fabinho membuang bola. Bola malah mengarah kepada Michael Olise. Dia langsung membawa bola ke arah gawang dan melepaskan tendangan kaki kanan. Namun peluang ini berhasil digagalkan kiper Alisson.

Tuan rumah kembali mendapat peluang tak lama kemudian. Peluang kembali berawal dari kesalahan pemain Liverpool mengumpan. Bola kemudian didapatkan Olise yang kemudian mengumpankan kepada Jean-Philippe Mateta yang berhadapan dengan Alisson. Namun bola hasil tendangannya melebar dari tiang jauh. Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Palace mendapat peluang melalui Olise. Setelah mendapat umpan di sisi kiri pertahanan Liverpool, Olise mengontrol bola dan melepaskan tendangan namun melenceng di kanan tiang jauh. Tak lama kemudian, Palace kembali mendapat peluang. Odsonne Edouard nyaris mencetak gol melalui tendangan dengan tumitnya namun kesigapan Alisson kembali menggagalkan peluang Palace.

Menit ke-52, Liverpool kembali membuat peluang kali ini melalui Jordan Henderson. Setelah menerima umpan Alex Oxlade-Chamberlain, dia kemudian menendang bola sambil membalikkan badan. Namun tendangannya gagal membuahkan gol.

Tiga menit kemudian justru Crystal Palace yang berhasil membuat gol. Gol yang membawa tuan rumah mepekecil selisih menjadi 1-2 dicetak Odsonne Édouard pada menit ke-55.

Gol berawal dari kiriman bola Jean-Philippe Mateta. Bola kemudian diterima Odsonne Édouard. Pemain bernomor punggung 22 ini mengontrol bola sebentar kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dan menaklukkan kiper Alisson. Skor berubah 1-2.

Menit ke-60, Klopp menarik Alex Oxlade-Chamberlain dan menggantinya dengan Takumi Minamino.

Menit ke-71. Liverpool memiliki peluang lewat Fabinho. Namun tendangan lurus pemain Brasil dari luar kotak penalti berhasil ditangkap dengan baik oleh Guaita.

Menit ke-78, Robertson nyaris membut kesalahan saat menyundul bola ke arah kiper Alisson menyelamatkan daerahnya. Beruntung Alisson berhasil menahan bola sundulan Robertson dan mengamankan gawangnya dari serbuan pemain lawan.

Gawang Liverpool kembali nyaris bobol pada menit ke-82. Dalam sebuah serangan balik, Michael Olise melepaskan tendangan lambung ke arah gawang Liverpool. Beruntung kiper Alisson berhasil menyelamatkan gawangnya meski tubuhnya harus mengenai tiang gawang sebelah kanan.

Menit ke-84, Liverpool kembali mendapat peluang melalui Diogo Jota. Namun upayanya gagal karena dihalangi bek Joel Ward dan kemudian Jota terjatuh setelah menabrak kiper. Jota meminta hadiah penalti. Wasit Kevin Friend lalu meninjau VAR untuk membuat keputusan.

Wasit kemudian memutuskan penalti untuk Liverpool. Penalti dieksekusi Fabinho yang berhasil memperdaya Guaita. Skor pun berubah 3-1. Kedudukan ini bertahan hingga pertandingan berakhir. Liverpool pun memetik kemenangan ke-14 kali dan bertengger di posisi kedua klasemen Premier League dengan 48 poin.

Susunan pemain:

Crystal Palace (4-3-3): 13 Vicente Guaita; 2 Joel Ward, 16 Joachim Andersen, 6 Marc Guehi, 3 Tyrick Mitchell; 23 Conor Gallagher, 12 Will Hughes (9 Jordan Ayew 77), 15 Jeffrey Schlupp; 7 Michael Olise, 22 Odsonne Edouard (10 Eberechi Eze 68), 14 Jean-Philippe Mateta (20 Christian Benteke 77).

Liverpool (4-3-3): 1 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold (12 Joe Gomez 90+2), 32 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 14 Jordan Henderson, 3 Fabinho, 17 Curtis Jones; 15 Alex Oxlade-Chamberlain (18 Takumi Minamino 60), 9 Roberto Firmino (7 James Milner 90), 20 Diogo Jota

 

 

Sumber: Sportinglife

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index