Bela Shin Tae Yong, Media Korea Sebut Kritik Haruna Soemitro Absurd

Bela Shin Tae Yong, Media Korea Sebut Kritik Haruna Soemitro Absurd
Exco PSSI Haruna Soemitro dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. Foto:pssi

Riauaktual.com - Exco PSSI Haruna Soemitro benar-benar tersudut setelah komentar pedasnya atas performa Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Selain anak dan istrinya mendapat teror, kini media Korea Selatan juga ikut menyorot Exco PSSI itu.

Media Korea, Hankooki membuat tulisan tentang kritik Haruna Soemitro terhadap Timnas Indonesia terkhusus kepada sang pelatih Shin Tae Yong yang notabene berasal dari Negeri Gingseng.

Hankooki membela STY dan menyebut prestasi Indonesia sebagai runner up Piala AFF 2020 sudah sudah sangay luar biasa.

Pertama karena Indonesia mayoritas diperkuat pemain muda, banyak di bawah usia 23 tahun.

Kemudian sukses Indonesia menembus babak final dianggap bukan pekerjaan mudah, mengingat lawan-lawan yang dihadapi adalah tim elit Asia Tenggara.

“Jika Anda melihat lawan Indonesia di sana, Anda bisa melihat betapa berharganya runner-up ini,” bunyi artikel Hankooki sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

“Indonesia sekarang berada di peringkat 164 di ranking FIFA. Mereka terpaut 66 peringkat dari Vietnam yang berada di grup yang sama,” lanjut tulisan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Haruna yang juga menjabat sebagai Exco PSSI ini sempat mengutarakan ketidakpuasan dengan apa yang dilakukan Shin Tae-yong.

Ia mempertanyakan prestasi timnas yang mentok di posisi kedua pada Piala AFF 2020 lalu.

Haruna juga memberi penilaian terhadap gaya permainan anak asuh Shin Tae Yong yang menurutnya berbeda dengan gaya lazim klub-klub Indonesia.

Di matanya, timnas terlalu sering bermain bola direct, sedangkan klub-klub di tanah air memperagakan gaya passing pendek kaki ke kaki.

Oleh Hankooki, penilaian Haruna itu dianggap absurd.

Meski demikian, saat ini situasi memanas antara Shin Tae Yong dan Haruna Soemitro sudah mereda.

Haruna Soemitro juga sudah beberapa kali memberikan klarifikasi untuk menjelaskan maksud dari ucapannya tersebut. 

Berita Lainnya

View All