Disdik Pekanbaru Akui Sejumlah Orang Tua Masih Enggan Beri Anak Izin Vaksin

Disdik Pekanbaru Akui Sejumlah Orang Tua Masih Enggan Beri Anak Izin Vaksin
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas

Riauaktual.com - Pemberian vaksin Covid-19 bagi anak usia enam hingga sebelas tahun terus berlangsung. Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memastikan tidak ada kendala berarti dalam vaksinasi. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas menyebut, ada sejumlah orang tua belum mengizinkan anaknya untuk suntik vaksin.

"Kalau keberatan kita lewati dulu, sembari melakukan pendekatan kepada orangtuanya," terang Ismardi Ilyas, Selasa (18/1/2022).

Dinas bersama pihak sekolah sudah mempertanyakan alasan orangtua yang enggan anaknya suntik vaksin covid-19. Mereka pun terus melalukan sosialisasi serta memberi pengertian kepada orangtua murid.

Banyak dari orangtua merasa keberatan dengan poin dalam surat pernyataan bagi anak yang hendak suntik vaksin. Poin dalam surat pernyataan tersebut yakni orangtua memahami secara penuh resiko yang timbul setelah vaksin.

Kemudian poin lainnya yakni orangtua bertanggung jawab penuh dan membebaskan panitia atau penyelenggara vaksinasi terhadap dampak vaksin bagi anaknya di kemudian hari. Ia menegaskan bahwa poin tersebut sudah dievaluasi dan diperbaiki.

"Kita sudah kordinasi dengan dinas kesehatan, poin itu sudah kita evaluasi dan perbaiki," ujarnya.

Pihaknya bersama sekolah berupaya memberi pengertian kepada orangtua. Ia menyebut ada beragam alasan dari orangtua sehingga tidak mengizinkan anaknya untuk suntik vaksin.

"Kita bakal beri pengertian, kita akan sampaikan kepada orangtua bahwa vaksin yang diberikan ini sudah melewati uji klinis hingga akhirnya disuntikkan ke anak-anak," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index