PTM 100 Persen SMP Masih Berjalan Lancar, Belum Ada Konfirmasi Positif

PTM 100 Persen SMP Masih Berjalan Lancar, Belum Ada Konfirmasi Positif
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Ismardi Ilyas

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru telah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen selama satu pekan ini.

Lebih dari 100 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kota Pekanbaru yang telah menyelenggarakan PTM 100 persen. Mereka telah belajar penuh dan masuk sekolah setiap hari. 

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Ismardi Ilyas mengatakan, pelaksanaan PTM 100 persen hingga pekan ini berjalan lancar tanpa kendala. Mereka juga sudah melaporkan hasil evaluasi belajar tatap muka penuh di SMP sejak pekan kemarin.

"Kita sudah laporkan ke pak wali, terkait aktivitas belajar penuh di sekolah. Kita pastikan tanpa kendala," ujar Ismardi Ilyas, Kamis (13/1/2022). 

Selama pembelajaran berlangsung peserta didik dan guru menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selama pembelajaran berlangsung mereka juga wajib menggunakan masker. 

Ada tim pengawas dari dinas yang melakukan pengawasan secara acak ke sekolah-sekolah. Sekolah juga melaporkan jurnal harian ke dinas terkait pembelajaran. Belum ada laporan peserta didik atau guru yang terkonfirmasi Covid-19. 

"Tidak mengalami kendala berarti selama belajar penuh di SMP. Sejumlah sekolah terpaksa menerapkan beberapa sesi belajar," terangnya.

Kondisi ini karena jumlah ruang kelas yang terbatas. Mereka yang belajar sudah seratus persen kapasitas sehingga tidak mencukupi ruang kelas.

"Kalau 50 persen mungkin bisa belajar satu sesi, kalau seratus persen ada sesi pagi dan sesi siang," jelasnya.

Pihaknya juga berencana mengajukan PTM 100 persen bagi SD. Ia menyebut bahwa pembelajaran seratus persen bisa berlangsung di SD bila penerapan PTM 100 persen di SMP berhasil dilakukan. 

Berita Lainnya

View All