Belum Ada Rencana PTM 100 Persen Bagi SD di Pekanbaru

Belum Ada Rencana PTM 100 Persen Bagi SD di Pekanbaru
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas

Riauaktual.com - Belum ada rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen diterapkan bagi Sekolah Dasar atau SD di Kota Pekanbaru.

Kapasitas kelas masih 50 persen dan murid SD hanya masuk dua kali dalam satu pekan. Lain halnya dengan murid SMP sudah menerapkan PTM 100 persen, sehingga belajar setiap hari ke sekolah dengan kapasitas seratus persen 

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru masih fokus melakukan uji coba terhadap PTM 100 persen di SMP pekan ini. Mereka bakal memulai PTM 100 persen di SD bila pembelajaran di SMP sudah berhasil.

"Untuk SD belum, belum ada wacana untuk SD belajar penuh. Kita masih fokus menata pembelajaran penuh di SMP," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Kamis (6/1/2022).

Dinas bersama satgas bakal melakukan evaluasi terlebih dahulu terkait penerapan PTM 100 persen di SMP. Mereka menjadikan hasil evaluasi sebagai pertimbangan untuk memulai belajar tatap muka di SD.

Proses PTM 100 persen di sekolah ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama atau SKB empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

SKB ini merupakan kesepakatan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Ismardi menegaskan bahwa Kota Pekanbaru sudah memenuhi syarat pelaksanaan belajar penuh. Status kota saat ini berada di PPKM level 2 sehingga bisa menerapkan belajar penuh.

Ismardi menyebut bahwa tenaga pendidik dan guru sudah vaksin 90 persen melebih target syarat 80 persen. Vaksin lansia di Kota Pekanbaru juga sudah 60 persen.

Berita Lainnya

View All