DPKP Inhil Tangkap Buaya, Begini penjelasannya

DPKP Inhil Tangkap Buaya, Begini penjelasannya
DPKP Inhil Tangkap Buaya

Riauaktual.com - Seekor buaya yang dikabarkan pernah menyerang dengan menggigit warga ditangkap di Desa Teluk Pantaian, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Inhil. Oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan(DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau 

Buaya yang baru ditangkap ini memiliki panjang lebih kurang 2 meter. Lebar 60-70 cm dan berat sekitar 150 kg.

Sebelumnya, juga berhasil ditangkap seekor buaya dengan ukuran panjang 2 meter.

Kepala DPKP Inhil, Eddiwan Shasby mengatakan, operasi penangkapan buaya dilakukan karena dilaporkan sering menampakkan diri di permukaan.

“Buaya ini dilaporkan sudah pernah menggigit warga,” kata Eddiwan Shasby, Jumat (3/12/2021).

Eddiwan Shasby mengatakan, karena cukup meresahkan operasi penangkapan dilakukan beberapa kali, yang pertama penangkapan buaya di Desa Teluk Pantaian pada Rabu (1/12/2021) kemarin.

Operasi pertama jelas, Eddiwan Shasby, terbilang cukup sulit dengan kondisi sungai yang sangat luas di desa tersebut.

“Butuh waktu 14 j untuk proses penangkapan buaya di Desa Teluk Pantaian hingga subuh hari. Kemudian, langsung kita evakuasi karena sangat meresahkan warga setempat,” ujar Eddiwan Shasby.

Sedangkan, hasil yang didapat ditangkap satu buaya dengan ukuran lebih kurang  meter. Kemudian, buaya yang kedua memiliki panjang lebih kurang 2 meter. Lebar 60-70 cm dan berat sekitar 150 kg.

“Buaya kedua itu kita tangkap hari ini. Selanjutnya, langsung di evakuasi ke Mako Damkar Inhil,” kata Eddiwan Shasby.

Eddiwan, juga mengimbau agar masyarakat sekitar lokasi kemunculan buaya, untuk tetap berhati-hati dan waspada karena beberapa kemungkinan buaya bisa berada di pemukiman masyarakat yaitu kondisi cuaca musim penghujan dan air pasang.

“Adanya serangan buaya ini karena  habitatnya terganggu atau sedang mencari makan serta disekitar lokasi ada tempat bertelurnya,” jelas Eddiwan. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index