Disdik Pekanbaru Catat Ada 100 Lebih Anak Putus Sekolah

Disdik Pekanbaru Catat Ada 100 Lebih Anak Putus Sekolah
Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mencatat, berdasarkan data tahun 2020 lalu ada sebanyak 146 anak yang putus sekolah dengan berbagai alasan.

"Itupun anak-anak yang datang dari luar. Mereka memang tidak sekolah dari luar," kata Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas, Rabu (13/10/2021).

Selain warga pendatang, anak yang terdata putus sekolah tersebut juga ada yang sudah menikah di usia dini. 
 
"Ada juga yang sudah kawin. Kita telah melakukan survei melalui konsultan, ada mereka yang sudah kawin," ungkapnya.

Selain itu, ada juga yang telah pindah ke luar kota bersama orangtua. Meski tidak lagi tingggal di Pekanbaru, namun Nomor Induk Kependudukannya (NIK) masih tercatat sebagai warga Pekanbaru.

"Jadi ada yang sudah sekolah di Padang, data NIK-nya di Pekanbaru. Tapi dapodiknya (data pokok pendidikan) sudah di Padang. Jadi data NIK-nya ada, tapi tidak terdeteksi di sekolah," paparnya.

Selain itu, ratusan anak yang terdata putus sekolah juga disebabkan oleh perekonomian keluarga, serta ada juga yang sudah meninggal dunia dan masih tercatat di NIK.

"Ada yang sudah meninggal, tapi mereka masih tercatat di data NIK dan dikatakan masih hidup. Lalu ada juga data ganda dan segala macam," ucap Ismardi. (abd)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index