Program Inovatif Tim Kukerta UNRI Bikin Apotek Hidup Pada Saat Pandemi Covid-19

Rilis

Senin, 04 Oktober 2021 - 08:52:43 WIB | Cetak



Riauaktual.com - Mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Riau melakukan program kegiatan dengan melakukan pembuatan apotek hidup di pekarangan balai desa Karyamukti sebagai upaya penghijauan. 

Kegiatan penanaman apotek hidup ini dilakukan sebagai pengabdian tim kukerta Unri kepada masyarakat desa Karyamukti, kecamatan Rimba Melintang. 

Adapun kegiatan yang melatarbelakangi dibuatnya apotek hidup ini guna untuk memudahkan warga mengambil bahan obat-obatan alami pada saat masa pandemi seperti ini. 

Tanaman yang ditanam oleh tim kukerta universitas Riau itu seperti jeruk nipis, serai, lidah buaya, jahe, lengkuas, kunyit, dan bahan2 obat²an alami lainnya.

Berdasarkan informasi kepala desa Karyamukti, pekarangan balai desa dinilai sangat cocok, disamping kurang terurus juga tanahnya sangat gersang.

Saat melakukan penanaman apotek hidup ini mahasiswa tim kukerta mulai menentukan pembagian tugas kepada masing-masing mahasiswa. Mulai dari membersihkan terlebih dahulu lahan yang hendak di tanami, mencari bambu untuk membuat pagar, mancangkul tanah, mencari bahan yang hendak ditanami, dan juga proses penanaman apotek hidup ini.

Dengan adanya penanaman apotek hidup ini pekarangan balai desa yang gersang dan kosong saat ini sudah mulai tampak asri  dan juga sudah terurus. 

"Warga desa Karyamukti sangat mendukung program kegiatan mahasiswa kukerta Universitas Riau ini. Mereka berharap dengan adanya tanaman ini bisa merubah kesadaran masyarakat supaya tetap menjaga keasrian desa mereka. Salah satunya dengan banyak menanam tanaman obat-obatan agar jika warga membutuhkan tanaman tersebut bisa berguna untuk masyarakat sekitar," kata Amel Ketua Tim Kukerta.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index