Tidak Ada Ampun! Bupati Alfedri Akan Menyikat Habis Oknum Mafia Tanah di Kabupaten Siak

Tidak Ada Ampun! Bupati Alfedri Akan Menyikat Habis Oknum Mafia Tanah di Kabupaten Siak

Riauaktual.com - Bupati Siak Alfedri berjanji, akan menyikat habis para mafia tanah di kabupaten Siak.

Pernyataan itu disampaikan Alfedri, saat menghadiri peringatan ulang tahun undang-undang pokok agraria ke 61 di Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, Jum'at (24/9) kemaren.

Hal itu dilakukan dia, bentuk keseriusannya memerangi kejahatan pertanahan atau dikenal dengan nama mafia tanah, yang selama ini sangat meresahkan masyarakat.

"Untuk memberantas mafia tanah sampai ke akar-akarnya, kita bersinergi dengan Kementerian ATR, BPN dan mengandeng pihak Kepolisian,"kata Alfedri, Sabtu (25/9).

Dengan tegas, Bupati Siak yang juga ketua DPW PAN Provinsi Riau tersebut ingatkan pegawai ATR, BPN ASN bahwa jangan sekali-kali mencoba menjadi mafia tanah.

"Jika terbukti nanti, saya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas bahkan memecat oknum yang terbukti terlibat,"tegasnya.

Ia mencontohkan beberapa kasus oknum mafia tanah di Indonesia, bahkan kata dia, kasus besar di pusat pun sudah terungkap.

"Bahkan sudah di vonis, dan ada juga yang sedang proses hukum,"sebut Alfedri.

Peringatan ulang tahun undang-undang pokok agraria ke 61 di Kabupaten Siak juga diluncurkan aplikasi pendaftaran online yang di bernama Loket Ku.

Adanya aplikasi tersebut kata Alfedri, akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, dengan adanya layanan elektronik tersebut, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

Selanjutnya kata dia, perlu di kawal mengenai pemberdayaan masyarakat akses refom untuk memastikan penerima sertifikat mendapatkan akses permodalan.

"Mari kita bersama Pemda dan stakholder, untuk mendorong diberikannya akses refom kepada penerima sertifikat redistribusi tanah. Tentu dapat memberdayakan asetnya untuk dijadikan modal usaha, sehingga akan meningkat perekonomian warga,"kata Alfedri.

Di kesempatan tersebut, Alfedri memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi pelaksanaan kegiatan distribusi tanah tahun 2021 kepada kepala Kantor Pertahanan kabupaten Siak.

"Pemkab Siak mengapresiasi kepada kantor pertanahan kabupaten Siak, yang telah memberikan kemudahan kepada masyarakat tidak mampu dan Instansi dalam kemudahan menerbitkan sertifikat tanah,"tandasnya.

Dikesempatan itu juga, kepala Kantor Pertanahan kabupaten Siak, Budi Satrya menyerahkan sertifikat tanah Instansi dan piagam penghargaan kepada 9 desa, dan 3 untuk perusahaan yang ikut mensukseskan kegiatan PTSL di Kabupaten Siak.

Dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan Satya Lencana X dan XX Tahun kepada sejumlah Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Siak.

Usai apel di lakukan pemotongan nasi tumpeng di lakukan oleh bupati, apel itu juga diikuti para pegawai BPN dan pelajar yang ada di kota Siak.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index