Hadir Mengukuhkan LAM Kampung Tanjung Kuras, Ini Harapan Bupati Siak

Hadir Mengukuhkan LAM Kampung Tanjung Kuras, Ini Harapan Bupati Siak

Riauaktual.com - Saat mengukuhkan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Bupati Siak Alfedri berharap agar di kampung tersebut bisa menjaga tradisi adat melayu.

"Saya berharap, terbentuknya pengurus LAM di kampung ini, kedepannya mampu mewariskan nilai-nilai luhur adat melayu kepada generasi muda, dari pengaruh luar dan globalisasi," kata Alfedri, Kamis (23/9/2021).

Alfedri menjelaskan, prosesi penabalan gelar adat melayu periode 2021-2024 tersebut berlangsung Rabu (22/09) kemaren. Bertempat, di Sanggar Kaligrafi, oleh ketua harian LAM Riau Kabupaten Siak, Datuk Sri H Wan Said.

"Penambalan disematkan kepada Adi, Spd yang juga menjabat sebagai Penghulu Kampung Tanjung Kuras," terang Bupati Siak tersebut.

Alfedri menjelaskan, kegiatan tersebut selaras dengan misinya kedepan. Yakni, untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan mewujudkan budaya melayu di Kabupaten Siak. Hal tersebut, kata dia, sesuai undang-undang 25 tentang kemajuan kebudayaan.

 "Kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada ketua dan pengurus LAMR kampung Tanjung Kuras yang baru saja dikukuhkan, semoga adat melayu terjaga dan terpelihara dengan baik," ujar Alfedri.

Dia menjelaskan, bahwa sejak tahun 1989 dia sudah mengenal Kampung Tanjung Kuras.

"Kampung ini sungguh luar biasa, sekarang maju dan berkembang. Masyarakatnya semangat untuk memajukan kampung," sebut Alfedri, yang bergelar Datuk Setia Amanah tersebut.

Sementara ketua harian LAMR Kabupaten Siak, Datuk Sri H Wan Said mengatakan adat melayu ini tak lapuk di hujan tak lekang di panas.

"Saya berharap kepada datuk-datuk yang baru saja di tabalkan dapat menjalankan amanah dengan baik. Mari kita sama-sama memajukan budaya melayu di daerah kita," pinta ketua LAMR Siak tersebut.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index