Tim KKN Abdimas Terintegrasi Tanjung Rhu Berhasil Ciptakan Tong Sampah Pintar

Tim KKN Abdimas Terintegrasi Tanjung Rhu Berhasil Ciptakan Tong Sampah Pintar

Riauaktual.com - Tim KKN ABDIMAS Terintegrasi Tanjung Rhu menunjukkan eksistensinya sebagai mahasiswa selama masa pengabdian mereka terhadap masyarakat. 

Tim KKN Berusaha membantu masyarakat Tanjung Rhu mengatasi permasalahannya sehari-hari. 

Salah satunya masalah pembuangan sampah masyarakat Tanjung Rhu, melihat hal ini tim KKN ABDIMAS Terintegrasi Tanjung Rhu berinovasi dengan menciptakan tong sampah pintar untuk masyarakat sekitar. 

Dikutip dari pernyataan ketua KKN ABDIMAS Terintegrasi Tanjung Rhu, Mayo Abdhika, mengatakan bahwa tong sampah pintar ini memiliki 3 bagian tempat pembuangan sampah yaitu sampah Organik , Anorganik, dan B3.

Tong sampah ini memanfaatkan sensor ultrasonik menggunakan ardiino uno, dimana tong sampah dirancang dengan tombol pembuka tutup yang nantinya tutup tong sampah pintar dapat tertutup secara otomatis setelah 5 detik tong sampah di buka.

"Nukan hanya itu tong sampah ini juga dilengkapi 2 lampu LED hijau di setiap tutup tong sampah yaitu lampu LED berwarna hijau yang menjadi penanda bahwa kapasitas tong sampah masih cukup menampung sampah, dan lampu LED berwarna merah sebagai penanda bahwa kapasitas tong sampah sudah mencapai 80%," jelas Mayo Abdhika.

Kegiatan yang berlangsung, Jumat (28/8/2021) tim KKN ABDIMAS Terintegrasi Tanjung Rhu ditemani oleh dosen pembimbing lapangan, Anhar,S.T,M.T,Ph.D, dengan bersama- sama mengantarkan tong sampah pintar hasil buatan mereka kepada pihak kelurahan Tanjung Rhu.

"Kita berharap pihak kelurahan mau dengan senang hati menerima alat buatan tim KKN dan berterimakasih atas bimbingan pihak kelurahan terhadap anak - anak didik kita selama masa KKN berlangsung," kata Anhar. 

Suwarto, selaku PLT Kelurahan Tanjung Rhu menyambut baik dan mengatakan mereka sangat senang dan merasa bangga menerima inovasi tong sampah pintar tersebut dan mau bekerjasama untuk ikut mengevaluasi jika ada kendala dalam penggunaan tong sampah tersebut.

"Jika ada kesempatan kita akan berusaha memperkenalkan tong sampah tersebut kepada masyarakat bahkan kepada pemerintah Kota Pekanbaru," tuturnya.

Terakhir, Mayo Andhika, selaku ketua Tim KKN AABDIMAS Terintegrasi Tanjung Rhu berharap dengan adanya tong sampah pintar ini masyarakat dapat terbantu dan teredukasi mengenai pembuangan sampah rumah tangga mereka sendiri.
 

Berita Lainnya

View All