Pekanbaru Turun Status, Dari Merah ke Oranye

Pekanbaru Turun Status, Dari Merah ke Oranye
Dr Firdaus

Riauaktual.com - Kota Pekanbaru saat ini masih menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV tahap III. PPKM level IV ini telah berlangsung sejak 26 Juli 2021 dengan telah dua kali perpanjangan. 

Setelah menjalani PPKM ini, status sebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru turun dari status zona merah menjadi zona oranye atau dengan tingkat resiko sedang. 

Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus mengatakan, kecamatan berstatus zona merah telah berkurang di awal pekan ini. Saat ini, zona merah atau dengan tingkat resiko tinggi terdapat di delapan kecamatan yaitu Binawidya, Bukit Raya, Limapuluh, Payung Sekaki, Rumbai, Sail, Tenayan Raya, dan Tuah Madani. 

Kemudian zona oranye terdapat di enam kecamatan. Kecamatan itu antara lain Kulim, Marpoyan Damai, Pekanbaru Kota, Rumbai Barat, Senapelan, dan Sukajadi. 

"Zona kuning hanya satu kecamatan yaitu Rumbai Timur. Dengan demikian, status Pekanbaru telah turun menjadi zona oranye," kata Firdaus, Selasa (17/8/2021). 

Walaupun demikian, Firdaus mengimbau masyarakat untuk tidak abai dalam menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes). Masyarakat diingatkan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus.

''Mari jaga keluarga kita dengan memakai masker, menjaga jarak dan kurangi mobilitas keluar rumah untuk mencegah penularan virus ini,'' kata Firdaus.

Pemerintah kota melalui Satgas Covid-19 terus melakukan pengawasan. Apalagi PPKM level IV tahap III ini berakhir 23 Agustus ini. Penindakan juga dilakukan terhadap pelaku usaha dan perorangan yang melanggar regulasi PPKM. 

Hal ini dilakukan agar PPKM yang dilakukan dapat berjalan maksimal dan dapat berhasil menekan penambahan kasus positif Covid-19. Mobilitas masyarakat juga dibatasi dengan penyekatan ruas jalan protokol. 

"Maka kita imbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan Prokes. Saat PPKM ini, bagi yang tidak berkepentingan lebih baik dirumah saja,"  ungkapnya lagi. *

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index