Tim Kukerta UNRI Lakukan Sosialisasi Pembuatan Tepung dari Limbah Batang Naga di Desa Kapau

Tim Kukerta UNRI Lakukan Sosialisasi Pembuatan Tepung dari Limbah Batang Naga di Desa Kapau

Riauaktual.com - Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2021 di Desa Kapau, Agam, Sumatera Barat melakukan sosialisasi pembuatan tepung dari Batang Buah Naga pada Minggu (8/8/2021). 

Sosialisasi ini diikuti oleh Ibu-ibu PKK di Jorong Padang Cantiang, Nagari Kapau. 

Mahasiswa kukerta menjelaskan, cara mengolah batang buah naga menjadi tepung sangat mudah. Pertama, batang buah naga diiris tipis dan dijemur dibawah terik matahari sampai kering. Hal ini bertujuan untuk membuang kandungan air yang ada dalam batang buah naga.

Batang buah naga yang sudah kering kemudian diblender hingga halus. Setelah diblender, tepung diayak untuk memisahkan tepung dari kotoran dan untuk menghasilkan tepung yang lebih halus.

Peserta sosialisasi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa kukerta Universitas Riau tersebut. 

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada anak-anak Kukerta yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Karena kami juga kebingungan dan merasa kesulitan untuk membuang limbah batang buah naga. Saat kami buang, dia justru tumbuh sendiri lagi,” ujar salah satu peserta sosialisasi. 

Selain melakukan sosialisasi cara pembuatan tepung dari batang buah naga, Tim Kukerta juga membagikan makanan olahan dari tepung batang buah naga kepada peserta sosialisasi dan  masyarakat yang sedang melakukan gotong royong pada hari itu. Adapun makanan olahan tepung batang buah naga tersebut adalah kue kering dan mie goreng. Makanan hasil olahan dari tepung batang buah naga tersebut memiliki rasa dan aroma yang unik. 

“Kami berharap dengan melakukan kegiatan ini warga Kapau bisa teredukasi dan merasakan manfaatnya. Karena sangat sayang sekali potensi yang ada di daerah tersebut justru tidak dimanfaatkan dengan baik,” ucap salah seorang anggota kukerta Universitas Riau Welsa Hira Vanesa.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index