Mahasiswa Kukerta Balik Kampung UNRI 2021 Sungai Apit Ikuti Kegiatan Rutin Posyandu Setempat

Mahasiswa Kukerta Balik Kampung UNRI 2021 Sungai Apit Ikuti Kegiatan Rutin Posyandu Setempat

Riauaktual.com - Tim Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 Sungai Apit ikut serta dalam kegiatan rutin Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di dua tempat berbeda. Kegiatan diawali pada Jum'at (6/7/2021) dan berakhir keesokan harinya Sabtu (7/7/2021).

"Dua posyandu tersebut diantaranya Posyandu Mangga Jalan Rintis dan Posyandu Manggis Jalan Seliau di Kelurahan Sungai Apit, Kabupaten Siak," jelas Ketua tim Kukerta Rio Gamaliel Siahaan.

Rio menjelaskan, tim Kukerta berperan membantu kader posyandu yang sedang bertugas, seperti membantu melakukan penimbangan balita, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan pemberian vitamin A.

"Juga ada pembagian leaflet tentang peduli stunting serta memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau untuk balita yang hadir di posyandu," jelasnya.

Tetty selaku pihak Puskesmas menerangkan Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. 

Penyelenggaraan posyandu ini guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. 

Termasuk juga melakukan kroscek persoalan stunting, yang mana adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya. 

"Kegiatan ini rutin digelar di Posyandu setiap bulannya. Biasanya kami melakukannya setiap awal bulan, dan itu selalu disambut antusias masyarakat. Terlebih lagi pada bulan Februari dan Agustus, dimana selain pengukuran badan bayi juga akan diberikan vitamin A," terang Tetty.

Sementara Indah, selaku kader posyandu berharap kegiatan ini bisa membantu warga.

Ia juga himbau warga bisa rutin untuk membawa balitanya ke posyandu supaya tumbuh kembang anak akan terpantau dengan baik.


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index