Ini 10 Hewan dengan Kemampuan Regenerasi Mengagumkan

Ini 10 Hewan dengan Kemampuan Regenerasi Mengagumkan
Photo : U-Report Ilustrasi kadal

Riauaktual.com - Dunia hewan itu dunia yang sangat keras. Yang lemah atau tidak bisa bertahan hidup pasti akan cepat mati. Makanya perlu dimiliki kemampuan tertentu untuk bertahan hidup. Salah satu kemampuan yang sangat unik adalah regenerasi atau menumbuhkan anggota tubuh yang putus.

Tidak semua hewan memiliki kemampuan regenerasi ini. Setidaknya ada 10 hewan yang berhasil kami rangkum untuk kalian semua. Inilah dia 10 hewan dengan kemampuan regenerasi diri yang mengagumkan.

10. Rusa

Rusa menjadi salah satu binatang yang menjadi incaran banyak pemburu. Alasannya simpel, rusa memiliki tanduk tajam yang indah. Untuk mengambil tanduknya, maka rusa harus dibunuh dan kepalanya dipotong. Kepala dan tanduk inilah yang akan dijadikan pajangan atau dijual dengan harga tinggi di pasar gelap.

Di alamnya, rusa menggunakan tanduknya yang panjang dan tajam ini untuk memikat pasangan, bertarung dengan sesama rusa, dan mempertahankan diri dari predator. Ketika tanduknya patah, rusa memiliki kemampuan untuk menumbuhkan kembali tanduknya yang patah. Selain rusa, hewan lain yang juta memiliki tanduk dan mampu melakukan regenerasi adalah kijang.

9. Kadal

Memelihara hewan seperti kucing atau anjing itu adalah hal yang biasa. Sekarang ini orang sudah semakin tertarik untuk memelihara hewan yang lebih eksotis lagi, contohnya seperti kadal. Jenis kadal sendiri ada banyak sekali, ada lebih dari 6000 spesies kadal yang berhasil diidentifikasi. Beberapa yang familiar seperti bunglon, iguana, gecko, tegu, dan cicak pun termasuk dalam jenis kadal.

Semua jenis kadal memiliki kemampuan yang unik dan sangat dikenal yakni regenerasi. Kalian jika menangkap cicak, cicak akan melepaskan bagian ekornya untuk mengelabui lawan. Bagian ekor yang putus itu nantinya bisa tumbuh kembali selama tubuh utamanya masih hidup. Tidak hanya cicak saja, tapi semua jenis kadal dilengkapi dengan kemampuan regenerasi ini.

8. Salamander

Hewan amfibi bisa dibilang termasuk hewan yang unik. Uniknya amfibi dikarenakan hewan ini bisa hidup di dua tempat yakni darat dan air. Selain unik karena bisa tinggal di dua tempat, amfibi ada kemampuan unik lain yaitu kemampuan untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang. Dan salamander adalah salah satu contoh amfibi yang memiliki regenerasi yang mengagumkan.

Salamander adalah kelompok amfibi yang memiilki karakteristik mirip dengan kadal. Perbedaanya terlihat dari tubuhnya yang ramping, bagian moncong yang tumpul, anggota tubuhnya yang pendek, dan memiliki ekor pada tahapan larva dan dewasa. Bagian tubuh yang hilang dari salamander bisa tumbuh kembali seperti normal dalam hitungan minggu.

7. Siput Laut

Bukan cuma di darat, tapi ada juga siput yang tinggal di laut, dinamaka sea slug atau siput laut. Di darat, siput terlihat menyeramkan, menjijikan, dan termasuk dalam hama yang bisa merusak tanaman. Di laut, kita tak perlu merasa takut karena mereka tidak akan mengganggu kita dan ditambah lagi bentuk serta warna mereka yang sangat keren. Siput laut termasuk hewan yang unik. Mereka bertahan diri dengan mencuri sel penyengat dari ubur-ubur.

Jika predator tidak bisa dilawan, masih ada dua cara bertahan yang bisa dilakukan oleh siput laut. Yang pertama adalah menyemprotkan tinta hitam untuk mengaburkan penglihatan lawan dan yang satunya adalah memutuskan bagian tubuhnya. Siput laut bisa memutuskan kepalanya dan bisa menumbuhkan tubuhnya seperti normal. Bagian tubuh yang terputus tidak langsung mati namun masih bisa hidup dalam beberapa waktu meski kepalanya tidak akan bisa ditumbuhkan kembali.

6. Teripang

Memiliki tubuh yang kecil, teripang bisa menjadi sasaran empuk bagi hewan lain yang hidup di laut. Meski kecil bukan berarti teripang akan pasrah saja ketika ada predator. Hewan kecil ini memiliki cara yang unik untuk bertahan diri dari serangan lawan. Teripang bisa mengeluarkan organ dalam tubuhnya yang sangat lengket ke arah musuh.

Hewan biasa tanpa memiliki organ dalam pastinya akan mati dalam waktu cepat, tapi teripang tidak. Teripang bisa mengembalikan bagian dalam tubuhnya yang sudah dikeluarkan. Bagian dalam tubuh teripang bisa tumbuh dan berfungsi seperti normal dalam waktu 5 minggu. Kalau kalian mengira teripang ini mirip dengan siput laut karena bentuknya, kalian salah. Tidak ada relasi antara kedua hewan tersebut.

5. Planaria

Planaria termasuk dalam jenis cacing pipih yang habitatnya di air. Planaria bisa hidup di air tawar dan juga air asin. Kalau kalian memelihara ikan hias dan jarang membersihkan akuarium, maka pasti bisa ditemukan cacing planaria ini. Ukurannya kecil, antara 3 mm dan bisa tumbuh hingga 30 cm. Jangan coba-coba untuk memotong cacing planaria ini menjadi dua karena jumlah mereka justru akan bertambah.

Cacing planaria terkenal bukan karena cara berkembang biaknya yang unik, tapi juga karena regenerasinya. Kalian memotong cacing planaria menjadi dua, maka bagian yang dipotong tadi akan tumbuh lagi menjadi cacing planaria yang baru. Dari hasil penelitian, cacing planaria masih bisa tumbuh meski sudah dipotong sampai 1/279 bagian.

4. Spons Laut

Spons laut termasuk hewan laut yang sangat unik. Mereka tidak memiliki sistem peredaran darah, saraf, dan juga pencernaan. Ajaibnya, tanpa hal tersebut spons laut tetap bisa hidup, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Spons laut bertahan hidup dengan melakukan simbiosis dengan bakteri bernama cyanobacetial yang bertugas untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan untuk spons laut.

Namun bukan cyanobacetial yang akan dibahas melainkan spons laut. Spons laut ini yang memiliki kemampuan regenerasi tubuh. Jika spons laut rusak, maka tiap individu sel tersebut akan membentuk spons laut yang baru. Apabila bagian yang rusak ini dibawa oleh ombak dan hinggap di tempat baru, maka di tempat tersebut akan menjadi tempat tinggal spons laut yang baru.

3. Laba-Laba

Bagi orang memiliki fobia arachnophobia, pasti akan jauh-jauh dengan yang namanya laba-laba. Wajar saja jika ada orang yang takut dengan hewan ini. Apalagi mengingat laba-laba memiliki 8 kaki yang panjang dan gigitannya yang cukup menyakitkan. Belum lagi ditambah ada beberapa jenis laba-laba yang memiliki gigitan menyakitkan yang bisa mengancam nyawa manusia.

Bentuk mengerikan, gigitan yang menyakitkan, dan beracun bukan cuma hal yang membuat laba-laba unik. Laba-laba memiliki satu kemampuan unik lain yaitunya kemampuan untuk menumbuhkan bagian tubuh yang hilang. Jika kalian mengejar laba-laba dan kebetulan berhasil memotong salah satu kakinya, bagian kaki yang terpotong ini bisa pulih kembali. Untuk bisa menumbuhkan kembali kaki yang hilang, laba-laba harus melepaskan kulit luar mereka yang disebut dengan exoskeleton. Proses ini disebut dengan molting.

2. Bintang Laut

Tidak memiliki darah, otak, insang, bintang laut bisa hidup di dalam air. Banyak orang yang penasaran bagaimana bintang laut bisa bertahan hidup tanpa otak, insang, dan darah. Bintang laut hidup dengan cara memompa air laut ke dalam tubuhnya. Bagi bintang laut, air laut memiliki nutrisi yang cukup untuk bertahan hidup.

Meski disebut bintang laut, tidak semua bintang laut memiliki bentuk seperti bintang. Apabila bintang laut ada kehilangan satu kaki atau bagian tubuh, bintang laut dapat menumbuhkan kembali bagian tubuhnya yang hilang. Bintang laut bisa kehilangan bagian kaki atau tubuhnya karena predator. Yang menjadi predator bintang laut adalah hewan-hewan yang memiliki tubuh lebih besar dari bintang laut.

1. Axolotl

Memiliki mata kecil dan mulut yang seperti tersenyum, axolotl bisa dengan mudah membuat orang suka dengan hewan satu ini. Axolotl sendiri adalah hewan yang termasuk jenis amfibi. Hewan ini ternyata memiliki relasi dengan salamander terutama jenis tiger salamander. Nama lain dari hewan ini adalah Mexican walking fish. Meski ada unsur fish, perlu diingatkan bahwa axolotl bukanlah ikan.

Kemampuan regenerasi axolotl adalah yang sangat membuat kagum para peneliti. Meski bagian tubuhnya sudah dipotong berkali-kali, seperti mata, mulut, kaki, dan tubuhnya, axolotl tetap bisa memulihkan kembali bagian tubuhnya tersebut seperti semula. Kemampuan ini yang sampai sekarang menjadi bahan penelitian oleh para ilmuwan.

SUMBER ASLI

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index