Di Depan Kakanwil BPN Riau, Bupati Rohil H Suyatno Puji Kinerja Kakan Pertanahan Rohil

Di Depan Kakanwil BPN Riau, Bupati Rohil H Suyatno Puji Kinerja Kakan Pertanahan Rohil
Kakanwil BPN Riau M Syahrial, Bupati Rohil H Suyatno, Kajari Gaos Wicaksono, Kakan Pertanahan Rohil Rocky Soenoko pada launching Pojok Layanan Mandiri

Riauaktual.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Basional (BPN) Provinsi Riau M Syahril A.Ptnh, SH MM, sejak Kamis (04/02/2021) melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Adapun rangkaian kegiatan Kakanwil BPN Riau M Syahril A.Ptnh, SH, MM, menghadiri jamuan makan malam bersama Bupati Rohil H Suyatno dan Forkopimda Rohil di Mess Datuk Batu Hampar Pemkab Rohil, Kamis malam (04/02/2021), serta peresmian Musholla Baitul Muttaqin dan Launching Pojok Layanan Mandiri Kantor Pertanahan Rohil, Jumat (05/02/2021). 

Peresmian Musholla Baitul Muttaqin Kantor BPN Rohil ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Kepala Kantor Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko SH MH, dan penguntingan pita oleh Bupati Rohil H Suyatno bersama Kakanwil BPN Riau M Syahril. 

Peresmian dan launching turut dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Agung Rachman Wahyudi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Waka Polres Rohil Kompol James Rianov Rajagukguk SIK, Kasi Intel 0321 Rohil Kapten Khairul Anwar, Kakan BPN Kota Dumai Robert H Sirait, Kantor Kemenag Rohil, pimpinan perbankan, perusahaan dan lain-lain. 

Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan terimakasih atas kunjungan kerja Kakanwil BPN Riau M Syahril ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), serta pembangunan Musholla Kantor Pertanahan Rohil, serta dilaunchingnya Pojok Layanan Mandiri Kantor Pertanahan Rohil. Bupati menyampaikan apresiasi dan rasa bangga Pemkab Rohil kepada Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko disebabkan selama menjabat sangat aktif dalam berbagai kegiatan Pemda dan sangat baik kepada masyarakat Rohil. 

"Saya, dan Pemkab Rohil merasa bangga Pak Kakanwil melihat sosok Pak Rocky. Beliau selalu aktif di dalam acara-acara atau kegiatan-kegiatan Pemda dan juga hatinya sangat baik terhadap kami disini.  Kebanggaan ini memang sengaja saya sampaikan di hadapan Bapak Kakanwil, sebab saya juga terakhir ini menerima laporan katanya Pak Rocky nak pindah, dan ini viral kemana-mana. Kami berharap kapan-kapan sajalah Pak Rocky pindah silahkan saja nanti," kata Bupati Rohil H Suyatno. 

Dikatakan Bupati H Suyatno, tanah berikut bangunan Kantor Pertanahan Rohil ini sudah dihibahkan Pemkab Rohil kepada BPN. Pak Rocky Soenoko, kata Bupati, sempat memanfaat tanah di depan kantor menanam padi, namun tidak berhasil dan akan memanfaatkan dengan ditanami tanaman keras berupa buah-buahan seperti jambu dan lain sebagainya.

Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Rohil yang dilakukan Kakan Pertanahan Rohil Rocky Soenoko beserta staf, yang disambut antusias masyarakat, seperti di Bagan Batu. Tanah masyarakat di data dan diukur dan dikiri-kanan tanah juga dipasang patok tanah. Pemkab Rohil, kata Bupati H Suyatno, juga akan melaksanakan program pemberian sertifikat tanah dengan pembiayaan dari Pemda Rohil. 

"Pak Asisten (H Ali Asfar) tolong ingatkan nanti, Ingatkan sama Pak Sekda kalau bisa nanti di tahun anggaran 2021 ini kita dorong program pembuatan sertifikat tanah untuk masyarakat yang biayanya dari Pemda. Kata Pak Kanwil bisa berangsur-angsur step by step kita bantu. Sehingga nanti ke depan beberapa tahun yang akan datang semua masyarakat sudah memiliki sertifikat surat tanah," ujar Bupati. 

Bupati H Suyatno juga menyampaikan harapan program e-sertifikat Presiden Jokowi sampai ke desa-desa di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). "Untuk itu Pemkab Rohil juga harus punya peran aktif bersama pihak BPN, dan kita berharap mudah-mudahan program ini akan berkelanjutan," jelas Bupati. 

Bupati H Suyatno juga menyampaikan kepada Kakanwil BPN Riau H Syahril bahwa koordinasi antara Pemka Rohil dengan Kantor Pertanahan Rohil sampai saat ini sangat bagus sekali. Bilamana ada hal-hal yang menyangkut dengan persoalan tanah, ucap Bupati, sering langsung berhubungan dengan Pak Rocky Soenoko. 

"Respon Pak Rocky ini sangat luar biasa. Banyak sekali tahapan-tahapan yang sudah kami rasakan dengan koordinasi yang baik. Sehingga koordinasi yang baik ini harus kita pertahankan," tandas Bupati H Suyatno. 

Kakanwil BPN Provinsi Riau M Syahril A.Ptnh, SH MM, merasa terharu dan senang mendengar apa yang disampaikan Bupati Rohil H Suyatno bahwa Kakan Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko beserta jajarannya bekerja syngguh-sungguh dengan bekerja  sangat kondusif dan menjalin hubungan berkoordinasi yang sangat bagus dengan pihak Pemda maupun Forkopimda.

"Memang itulah yang dikehendaki Pak Bupati. Karena apa? Proyek strategis nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo yaitu mensertifikatkan, mendaftarkan, mengukur dan memetakan seluruh tanah-tanah di wilayah Indonesia ini tak akan bisa berhasil tanpa didukung oleh Pemkab, Pemko dan Pemprov. Karena itu Pak Menteri kami berpesan kepada kami dan jajaran di daerah agar jalin hubungan yang baik dengan Pak Gubernur di provinsi dan kalau di daerah dengan Bupati dan Walikota," kata Syahrial. 

Kakanwil BPN Riau M Syahril juga mengatakan selain dukungan dari Pemda, pelaksanaan program strategis nasional, seperti jalan tol juga tidak akan berhasil tanpa dukungan Gubernur, kepolisian, kejaksaan dan instansi lainnya. 

"Banyak sekali kerikil-kerikil tajam, bahkan batu besar yang menimpa saya. Bahkan saya dilaporkan ke mana-mana. Tapi karena proyek strategis nasional, Gubernur, Kepolisian, Kejaksaan mendukung, dan program jalan tol di Riau bisa terlaksana," ucap Syahrial. 

Kepala Kantor Pertanahan Rohil H Rocky Soenoko kepada Kakanwil BPN Riau M Syahrial menyampaikan bahwa Pemkab Rohil sangat mendukung program pertanahan di Rohil. Bahkan untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan Pemkab Rohil menerbitkan dua Peraturan Bupati (Perbup), seperti penghabusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Pemkab Rohil sangat mendukung kami Pak  Kakanwil. Tanpa dukungan Pemkab tidak akan mudah kami menyelesaikan kasus-kasus tanah seperti kasus kawasan hutan," kata Rocky Soenoko.

Pria mudah senyum itu juga mengatakan ia bersama jajaran terus berupaya melakukan dan melaksanakan program kerja semaksimal mungkin. "Kami berterimakasih kepada Pak Bupati beserta jajaran dan Forkopimda atas sirnergitas dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini," tandasnya. (amran)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index