Kalaksa BPBD Riau Edward Sanger memberikan cinderamata kepada Kalaksa BPBD Sumatera Barat Rachman saat melakukan koordinasi dengan BPBD Sumatera Barat.

Antisipasi Banjir dan Longsor, BPBD Riau Koordinasi ke Sumatera Barat

Selasa, 02 Februari 2021 - 10:25:12 WIB Di Baca : 845 Kali


Riauaktual.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan koordinasi dengan BPBD Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edward Sanger saat dihubungi Riauaktual.com melalui sambungan telfon, Selasa (2/2/2021). Koordinasi dengan BPBD Sumatera Barat, 29 Januari 2021 dan diterima langsung Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Rachman.

"Kita koordinasi untuk antisipasi peringatan banjir dan longsor. Sebab, jika curah hujan tinggi di Sumatera Barat. Jadi nantinya BPBD Sumbar memberikan informasi ke kita jika curah hujan tinggi di sana (Sumbar, red), karena akan aliran airnya berdampak ke Riau," kata Edward.

Tidak hanya banjir dan longsor, BPBD Sumbar juga berkoordinasi terkait karhutla di perbatasan Sumbar-Riau yang kerap terjadi belakangan ini jika cuaca panas ekstrim terjadi, dikatakan Edward.

"BPBD Sumbar sangat mengapresiasi early warning system yang dimiliki Riau. Sebab early warning system kita menggunakan orang ditugaskan khusus menangani karhutla. Sementara Sumbar menggunakan alat," jelas Edward.

BPBD Riau juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan tebing tinggi untuk selalu waspada dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor.

"Masyarakat segera laporkan ke BPBD kabupaten/kota jika terjadi potensi banjir atau tanah longsor di daerahnya," tutup Edward.

Penulis: Friedrich Edward Lumy





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com