UN SMP Sederajat dilaksanakan 5 Mei Ini

UN SMP Sederajat dilaksanakan 5 Mei Ini
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/Mts/SMPLB dilaksanakan serentak pada tanggal 5 hingga 7 Mei 2014 mendatang. Untuk menghadapinya, Dinas Pendidikan Kota Pekanbru mengaku telah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang.

"Sampai saat ini persiapan untuk menghadapi UN sudah siap. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan UN sudah dipersiapkan dengan sebaik mungkin, pada intinya semua sudah siap," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Disdik Pekanbaru Bustami MM, Kamis (24/4/2014).

Dikatakan Bustami, bahwa pelaksanaan UN tingkat SMP sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yakni pada tanggal 5-7 Mei 2014 mendatang. "Secara umum pelaksanaan UN sudah siap dilaksanakan, yang pasti Disdik dan sekolah sudah siap menyelenggarakan UN SMP sederajat. Kami berharap hasil kelulusan tingkat SMP bisa 100 persen," ujar Bustami.

Bustami mengatakan, untuk meningkatkan persiapan anak didik, sekolah telah  menggelar try out baik di sekolah maupun di luar. Anak didik diberikan berbagai pembekalan agar terus belajar sehingga siap mengikuti UN.

"Belajar dan try out sedang dilaksanakan, sehingga anak didik siap secara pelajaran dan mentalnya menjalani UN mendatang," tuturnya.

Untuk UN SMP nanti naskah soal sebagian dibuat oleh daerah, dengan ketentuan 25 persen soal dari pusat dan 75 persen dari daerah. Dimana soal terdiri dari 20 paket soal yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk pengawas sendiri dilakukan dengan sisitim silang yang melibatkan para guru. Kemudian Dinas pendidikan sendiri juga melibatkan pengawas sekolah yang juga ditambah dengan pengawas independent.

"Untuk pendistribusian soal sampai sejauh ini tidak ada kendala. Kita berharap pelaksanaan UN nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar," tutup Bustami. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index