Soal Ujian Nasional Sudah Sampai Pekanbaru, 14.843 Murid SMA Mulai Ujian Senin Ini

Soal Ujian Nasional Sudah Sampai Pekanbaru, 14.843 Murid SMA Mulai Ujian Senin Ini
Soal UN sudah berada di Aula Kantor Disdik Pekanbaru Jalan Pattimura. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK SMALB negeri dan swasta sudah masuk ke Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau tadi pagi, Jumat (11/4/2014). Kemudian besok setelah ada pengecekkan sampul oleh pihak sekolah, lalu Senin sekolah-sekolah baru bisa mengambilnya.

Ketua panitia UN Pekanbaru Abdul Jamal MPd, menjelaskan bahwa pihaknya telah membuka soal UN itu pukul 5.30 tadi dan untuk pengamanan soal, ada 12 orang polisi. Sedangkan untuk jumlah sekolah saat ini ada 103 sekolah yang akan mengikuti UN di Pekanbaru, diantaranya SMA, SMALB, SMK dan MA Negeri/swasta.

"Nanti tiap sekolah akan membantu polres 2 orang menggunakan pakaian bebas," ujar Jamal.

Mengenai biaya UN, kata Jamal, ditanggung pemerintah, untuk Negeri UN digratiskan karena sudah ada anggarannya untuk penggandaan serta pengkoreksian soal. Sedagkan Ujian Sekolah (US) bisa menggunakan dana bos dan diperbolehkan menggunakan uang komite sekolah, karena anggarannya tidak ada dari Negara.

"Tapi kalau untuk US SMP dan SD itu harus gratis, dan jika ada yang memungut UN dan US untuk tingkat SMA, maka informasi ini tetap akan kita pantau untuk apa kegunaannya. Memang yang dijamin itu biaya UN dari dana APBD dan APBN, kalau untuk swasta US memungut itu wajar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jamal merinci jumlah peserta UN SMA, SMALB, MA dan SMK di Pekanbaru yakni 14.843 siswa. Untuk paket C jumlahnya 870 siswa yang dilaksanakan di SMPN 13 dan SMPN 21. Mengenai PKBM yang melaksanakan ada sekitar 20 PKBM dari 50 PKBM termasuk 3 Ponpes di bawah Kemenag.

"Harapan kita agar para peserta didik yang akan mengikuti UN dapat terus belajar, berdoa dan berusaha, sehingga dapat menghasilkan nilai yang memuaskan serta dapat lulus seratus persen. Untuk pelaksanaan ujian Paket C tanggal dan hari sama dengan pelaksanaan UN SMA sederajat yakni Senin sampai Rabu ini. Pelaksanaan ujian paket C setelah UN SMA sederajat yaitu pukul 13.30," terangnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index