RAT Koperasi SMA 12 Pekanbaru

Disdik Pekanbaru: Ada Tiga Indikator Koperasi Sekolah yang Sehat

Disdik Pekanbaru: Ada Tiga Indikator Koperasi Sekolah yang Sehat
RAT Koperasi SMA 12 Pekanbaru. FOTO: Ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kepala Disdik Kota Pekanbaru Zulfadil, mengatakan koprasi sekolah haruslah menjadi koprasi yang sehat. Hal ini disampaikan Zulfadil pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi SMAN 12 Pekanbaru, Rabu(26/3/2014) kemarin.

Menurutnya ada tiga hal untuk mengukur sehat atau tidaknya  suatu koprasi, pertama sehat secara organisasi. Indikatornya yakni adanya kerjasama pengurus dengan  pengawasan anggotanya.

"Kedua secara administrasi, yaitu administrasi yang baik. Dengan dilaksanakan RAT menunjukan administrasi koperasi berjalan dengan baik," terangnya.

Indikator tambahan yaitu koperasi bisa memberikan pelatihan kepada anggota. Kemudian sehat dari segi usaha yaitu benar-benar melaksanakan usaha, dan tidak tertutup kemungkinan untuk melayani masyarakat umum.

"Selain itu, juga ditandai adanya keuntungan yakni ada Sisa Hasil Usaha (SHU). Ketiga sehat secara keuangan, yaitu rentabilitas ekonomisnya dan struktur modal haruslah lebih mandiri. Dan jangan terlalu mengandalkan modal pinjaman(utang). Tahun ini kita ingin dan berharap semua sekolah ini punya koprasi yang sehat," ujar Zulfadil.

Sementara itu Kepala SMA 12 Pekanbaru Dra Hj Zurina, menyambut baik dan meminta petunjuk dari Dinas Pendidikan dan dinas terkait seperti Dinas Koperasi Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah tahun 2013 lalu koprasi kita menjadi koperasi berprestasi tingkat kota Pekanbaru. Berharap tahun ini juga menjadi koprasi percontohan," harap Zurina. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index