Oknum Guru SMP Ditangkap Terlibat Perdagangan Gading Gajah

Oknum Guru SMP Ditangkap Terlibat Perdagangan Gading Gajah

Riauaktual.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau, meringkus tiga pelaku hendak jual beli dua Gading gajah, Rabu (11/11/2020) di Pinggir Jalan Lintas Pekanbaru-Taluk Kuantan, persisnya di depan Bengkel ALIF MOTOR, Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi yang memimpin jalannya press rilis mengatakan, pemilik dua Gading gajah ini adalah insial YP 52 tahun yang merupakan seorang oknum guru. 

''Pelaku pertama ini merupakan Pegawai Negeri Sipil dan merupakan Guru pada Sekolah Menegah Kejuruan Pertama Negeri (SMP) 31 di Bangko-Jambi,'' jelas Kapolda.

Untuk pelaku kedua, sebut Kapolda berinisial YS (52) Tahun ini merupakan Karyawan Swasta dan penghubung jual beli Gading gajah ini.

Dalam kasus ini, YS ikut membawa dua Gading Gajah dari Provinsi Jambi ke Kabupaten Kuantan Singingi.

Sedangkan, pelaku WG (68) mengaku sebagai petani. Perannya, kata Kapolda, bertindak sebagai calon pembeli dua Batang Gading Gajah.

''Ketiganya diamankan tim kita, saat akan jual beli,'' ungkap Kapolda.
 
Dari tangan kedua pelaku, tim yang melakukan penangkapan mengamankan dua batang gading gajah dengan panjang lebih kurang 80 centimeter yang telah diukir.

''Selain ketiga pelaku, tim juga mengamankan satu karung goni plastik putih dan satu unit kendaraan roda empat  jenis toyota,'' ujar Kapolda.

Menurut Kapolda, penangkapan dilakukan tim Krimsus pada Rabu (11/11/2020) oleh Tim Direktorat Reskrimsus Polda Riau. 

''Sebelum ditangkap, tim dari Krimsus bmendapat informasi akan adanya rencana transaksi gading gajah di Pinggir Jalan Lintas Pekanbaru-Taluk Kuantan,'' terang Kapolda.

Penangkapan ketiga pelaku, kata Kapolda, dilakukan persisnya di depan Bengkel ALIF MOTOR, Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi.

''Pengakuan para pelaku, Gading Gajah ini dijual Rp 20 juta,'' sebut Kapolda. (HA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index