Pembangunan irigasi dengan sistem Pompanisasi yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera III ( BWSS III) atas usaha kerja keras Alfedri sebagai Bupati Siak untuk mengairi persawahan di kawasan sentra pangan Kecamatan Bungaraya.

Pembangun Siak Makin Bedelau dan Mempesona di Tangan Alfedri

Ahad, 25 Oktober 2020 - 23:14:13 WIB Di Baca : 1585 Kali


Riauaktual.com - Dibawah kepemimpinan Alfedri sebagai Bupati, pembangunan di Kabupaten Siak semakin bedelau. 

Hal itu dibuktikan melalui rincian APBD Siak tahun 2019. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riauaktual.com, Alfedri mulai melakukan Pembangunan Landscape Tangsi Belanda melalui APBD Siak tahun 2019. 

Tidak hanya itu, ia juga melaksanakan Pembangunan Jalan Sultan Muzafarsyah melalui APBD Siak ditahun yang sama. 

Jalan tersebut merupakan jalan dengan pedestarian lebar 3 hingga 5 Meter yang kini menjadi tempat favorit bagi wisatawan ke Siak hingga masyarakat Siak untuk bersantai. 

Alfedri menyebutkan, sejak menjadi Bupati Siak lebih kurang dua tahun menggantikan Syamsuar, ia juga berhasil membangun ruang terbuka hijau dan peningkatan kawasan turap di Kecamatan Sungai Apit. 

"Kita bangun agar tidak terjadi abrasi. Selain itu, kita ingin daerah Sungai Apit semakin indah. Selain itu, di Desa Teluk Batil khusus Nelayan, dibangun 25 unit Rumah dari Kementerian PUPR RI tahun 2019 dengan anggaran Rp 3.46 Milliar," sebutnya, Minggu (25/10/2020). 

Tidak sampai disitu, ternyata di tahun 2020 Alfedri juga mewujudkan pembangunan SPAM Indoor dari APBN di Kota Siak. Tidak tanggung-tanggung, dengan kerja kerasnya itu pemerintah pusat menggelontorkan dana kepada Pemkab Siak senilai Rp27,5 miliar. 

"Kami selalu berkoordinasi dengan Kementerian PUPR RI, agar Kabupaten Siak menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia,'' terangnya. 

Yang lebih menariknya lagi, bukti ambisinya meningkatkan pembangunan Kabupaten Siak, jalan Lintas Belantik menuju Sutomo ke arah kota Siak dibangun jalan dua jalur. 

Tidak hanya itu, bentuk dukungan kepada para petani di Kecamatan Bungaraya untuk mendapatkan hasil panen yang berlimpah, Alfedri juga berhasil membangun irigasi dengan sistem pompanisasi melalui kerjasama yang dilakukannya dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera III ( BWSS III). 

Hal itu benarkan oleh kepala BWSS III, Ir. Sahril. Kata dia, program tersebut telah dibahasnya bersama Alfedri juga dihadiri langsung anggota DPR-RI Komisi V Sahrul Aidi di Kantor Balai PPW Riau Pekanbaru. 

"Irigasi tersebut, merupakan etalase Riau di Kementerian PUPR RI sebagai irigasi rawa yang sangat baik pengelolaan nya. Jadi, pantas kita memberikan apresiasi kepada Pemkab Siak dengan melaksanakan pembangunan irigasi pompanisasi tersebut di kecamatan Bungaraya, walaupun secara bertahap," tuturnya. 

Dia menjelaskan, pagu anggaran untuk mengairi persawahan di kawasan sentra pangan di Kecamatan Bungaraya di tahun 2020, sebesar 27 miliar dan pada tahun 2021 akan dilanjutkan sebesar 45 miliar. 

Sementara, melalui rincian Alokasi dana DAK fisik di bidang infrastruktur jalan yang diperjuangkan Alfedri dari 2019 - 2021 tertinggi dari seluruh Kabupaten se Riau. Artinya, dengan kerja keras Alfedri selama menjabat sebagai Bupati Siak, ia berhasil meningkatkan pembangunan infrastruktur hampir kurang dua tahun. 

Pengakuan Alfedri, semua itu sebagai bentuk tanggung jawab usai ditinggalkan Syamsuar ke Provinsi Riau. Alfedri terus menggesa pembangunan di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Terbukti, dua tahun belakangan daerah berjuluk Negeri Istana ini kian mempesona. 

Sementara Riski, mahasiswa salah satu Universitas Swasta Pekanbaru asal Siak mengatakan, di tengah tingginya suhu politik pada Pilkada Siak 2020, ada saja isu hoax yang dilemparkan ke tengah masyarakat. 

''Kami melihat dengan mata kepala sendiri, dua tahun ini Siak semakin berkembang baik di bidang infrastruktur dan lainnya. Ini menandakan Pak Alfedri berhasil mengemban amanah yang ditinggalkan. Jadi, kalau ada isu yang menyebutkan pembangunan Siak mandek itu tidak benar,'' tegas Mahasiswa asal Kecamatan Minas tersebut. 

Ia mengaku bangga dengan apa yang diperbuat Alfedri "Dua periode sebagai Wabup Siak, saya melihat pak Alfedri begitu harmonis membangun hubungan dengan atasannya. Itu pula yang menurut saya membuatnya bertangan dingin dalam membangun Siak,'' terangnya. (Baim)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com