Empat Bacaan Doa Penenang Hati, Amalkan Saat Batin Galau dan Gundah

Empat Bacaan Doa Penenang Hati, Amalkan Saat Batin Galau dan Gundah
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Riauaktual.com - Hati dikuasai perasaan galau, gundah, dan gelisah? Itu merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia. Konsumsi kafein atau kejadian mengejutkan bisa mengaktifkan hormon adrenalin di dalam tubuh. Akibatnya Anda merasa gelisah.

Kadar serotonin, progesteron, dopamin, dan oksitosin juga bisa mempengaruhi emosi manusia. Hormon-hormon ini bisa menjadi biang keladi rasa galau di hati. Lalu bagaimana cara menanganinya?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari perasaan galau. Salah satunya adalah memohon pertolongan Allah SWT dengan mengamalkan doa agar hati tenang.

Berikut ini bacaan-bacaan doa agar hati tenang yang bisa diamalkan sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

1. Doa Agar Hati Tenang

Cobalah untuk menenangkan diri dengan membaca doa untuk menghindarkan diri dari perasaan cemas. Berikut ini bacaannya.

doa agar hati tenang

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

2. Doa Agar Hati Tenang (QS. Thaha 25-28)

doa agar hati tenang qs thaha 25 28

Selain doa agar hati tenang di atas, Anda juga bisa mengamalkan bacaan doa Nabi Musa AS saat menghadapi Fir'aun.

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

3. Doa Agar Hati Tenang (QS. Al Baqarah 250)

Berikutnya ada doa agar hati tenang yang diambil dari QS. Al Baqarah ayat 250. Doa ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

doa agar hati tenang qs al baqarah

©2020 Merdeka.com

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4. Doa Agar Hati Tenang (Hadis Imam Thabrani)

Hadis Nabi Muhammad SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, "Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.'"

Dengan demikian, Anda bisa membaca doa agar hati tenang sebagai berikut.

doa agar hati tenang hadis imam thabrani

©2020 Merdeka.com

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

Setelah membaca doa agar hati tenang, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk memulihkan suasana hati.

1. Lakukan Olahraga Ringan

Mengaktifkan anggota tubuh saat rasa gelisah menyerang tak hanya mampu mendistraksi pikiran. Bergerak dan mengeluarkan keringat juga mengaktifkan hormon endorfin yang berperan penting dalam ketenangan batin dan pikiran.

2. Praktikkan Teknik Pernapasan untuk Menenangkan Diri

Teknik pernapasan merupakan bagian penting dari yoga dan bentuk meditasi lainnya. Pasalnya menarik napas dengan irama yang tepat juga bisa membantu melepaskan energi negatif dari dalam tubuh sekaligus menenangkan pikiran.

Saat rasa gelisah mulai muncul, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Lakukan selama beberapa menit atau hingga pikiran terasa lebih ringan.

3. Minum Air Dingin

Segelas air dingin juga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan menyejukkan pikiran secara instan.

4. Praktikkan Teknik Butterfly Hug

Menerapkan teknik butterfly hug juga bisa membantu menenangkan diri dan menurunkan level stres. Ini adalah bentuk psikoterapi non-tradisional yang sering diterapkan untuk pasien post-traumatic stress disorder (PTSD). Walaupun begitu, teknik ini juga bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

5. Hindari Minuman Berkafein Sementara Waktu

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh akan menyebabkan jantung berdebar-debar dan keringat dingin. Jadi hindari minuman dengan kandungan ini sebisa mungkin.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index