Sekretaris DLH Bengkalis H Andris Wasono saat memberikan penjelasan kepada 12 anggota DPRD Labuhan Batu

Terbanyak Raih Adipura, DPRD Labuhan Batu Lakukan Kunjungan Kerja Ke Negeri Junjungan

Rabu, 07 Oktober 2020 - 17:20:53 WIB Di Baca : 1375 Kali

BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis salah satu daerah yang dikenal sebagai peraih Adi Pura terbanyak di Provinsi Riau, untuk mengadopsi pengelolahan sampah DPRD Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke negeri junjungan, DPRD Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Selasa 6 Oktober 2020.

Dalam kunjungan kerja itu turut langsung hadir Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu, Hj Meika Riyanti Siregar, disamping seluruh anggota komisi IV DPRD Labuhan Batu yang berjumlah 12 orang. 

Kedatangan anggota legislator DPRD Labuhan Batu disambut Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, dan Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Sofyan serta sejumlah anggota DPRD Bengkalis.

Terlihat Ketua DPRD Labuhan Batu Hj Meika Riyanti Siregar (Tengah) menanyakan upaya mencegah sampah

Sementara dari pemerintah daerah turut hadir Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis H Arman AA diwakili Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup H Andris Wasono turut didampingi Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan H Lamin.

Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara mengatakan, Hj. Meika Riyanti Siregar mengatakan Kabupaten Bengkalis dibandingkan dengan Kabupaten Labuhanbatu, tingkat kebersihan dan lingkungan hidup lebih baik dan bersih, hal ini tentunya menjadi tolak ukur bagaimana upaya-upaya yang dilakukan Kabupaten Bengkalis dalam pencapaian tersebut sehingga nantinya bisa ditampung dan diaplikasikan di daerah kabupaten Labuhanbatu, Sumut.

“Kabupaten Bengkalis sudah 10 kali mendapatkan piala Adipura sebagai Kota Bersih, dan bagaimana upaya upaya yang dilakukan Kabupaten Bengkalis dalam pencapaian tersebut. tentunya nanti menjadi tolak ukur untuk daerah Kabupaten Labuhan Batu,” ujar Hj Meika.

Sekretaris DLH Bengkalis H Andris Wasono (Kiri) terlihat serius memberikan penjelasan kepada 12 anggota DPRD Labuhan Batu

Senada juga dikatakan Jesmer Lumban Batu dari Fraksi PDIP sangat menganggumi daerah Kabupaten Bengkalis, salah satu daerah yang bersih Kota nya di Provinsi Riau dan peraih Adipura terbanyak.

“Saya tadi pagi berjalan keliling tidak ada sedikitpun sampah yang terlihat dipinggir jalan, sangat jauh dengan daerah Labuhan Batu,” kata Jember.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Labuhanbatu, Harianto Ritonga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Bengkalis dalam mendapatkan prestasi terkait kebersihan dan kesehatan. Ia mempertanyakan upaya dan langkah-langkah yang pemerintah daerah sehingga bisa mengcover seluruh warga Kabupaten Bengkalis serta kiat-kiat dalam upaya menggalakkan dan menjaga kebersihan.

Sekretaris DLH Bengkalis H Andris Wasono menjelaskan bahwa dalam menjaga kebersihan diperlukan pengelolaan tata kelola pembuangan sampah.

“Ada 6 UPT untuk pengelolaan sampah di masing-masing kecamatan, memperkerjakan Tenaga Harian Lepas (THL) yang bertugas untuk pembersihan gorong gorong,serta pembersih atau penyapu jalan untuk lingkungan kota serta memberikan edukasi atau himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah dan diletakkan di tempat tempat yang telah disediakan kemudian untuk di angkut ke TPA,” terang H Andris Wasono.

Sekretaris DLH Kabupaten Bengkalis H Andris Wasono berfoto bersama Ketua DPRD Labuhan Batu Hj Meika Riyanti Siregar beserta 12 anggota DPRD komisi IV

Selain itu, H Andris mengatakan, bahwa pemerintah daerah melalui DLH Bengkalis membentuk Satgas sampah yang tersebar diseluruh masing masing kecamatan.

“Satgas ini bertugas sebagai memantau masyarakat apabila membuang sampah sembarangan, maka akan diberikan teguran,” ungkap H Andris Wasono lagi.

Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi  Sumatera Utara Hj Meika Riyanti Siregar mengatakan berterima kasih sudah diterima dan disambut baik dalam kunjungan kerja (kunker) dirinya bersama Komisi IV DPRD Kabupaten Labuhan Batu yang berjumlah 12 orang ini, dalam rangka merealisasikan program kerja anggota DPRD komisi IV Labuhan Batu. 

“Kunker ini, dalam rangka melaksanakan dan merealisasikan program kerja anggota DPRD Kabupaten Labuhan Batu ke DPRD Bengkalis dalam rangka bertukar pikiran informasi dan wawasan khususnya di bidang lingkungan hidup dan kesehatan,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu, Hj Meika Riyanti Siregar.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis berterimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Komisi IV DPRD Labuhanbatu.

“Dengan pertemuan ini, selain mempererat tali silaturahmi juga dapat saling sharing informasi, dan memberikan dampak positif serta kelancaran tugas daerah masing-masing untuk lebih maju lagi,” katanya.

Acara itu dilanjutkana dengan penyerahan cendramata dan berfoto bersama. (adv/har)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com