Kalau Suami Berbadan Besar Istri Bertubuh Kecil, Waspada Anak Bisa Gingsul

Kalau Suami Berbadan Besar Istri Bertubuh Kecil, Waspada Anak Bisa Gingsul
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Gigi mungkin menjadi salah satu estetik yang ingin dijaga banyak orang. Tidak jarang, ketika gigi mereka tidak rapi maka beberapa orang memutuskan untuk menggunakan kawat gigi.

Tapi tidak semua orang menganggap gigi yang tidak rapi itu sebagai nilai minus. Bahkan, beberapa orang, khususnya perempuan, menganggap gigi gingsul mempercantik wajahnya ketika senyum.

Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan terjadinya gigi gingsul? Dokter spesialis gigi, drg. Diono Susilo, MPH, menyebut gigi gingsul terjadi karena faktor keturunan.

Kondisi ini, lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki orangtua dengan ukuran tubuh tidak seimbang. Misal ayahnya bertubuh besar sedangkan ibunya bertubuh kecil, atau sebaliknya.

gigi gingsul

"Bisa dibayangkan ketika anaknya lahir ia memiliki rahang ibunya yang (ukuran) kecil. Tapi gigi yang tumbuh mengikuti gen dari ayahnya yang ukurannya besar-besar. Hal itu membuat tidak semua gigi mendapatkan tempat yang pas untuk tumbuh," jelas dia.

Menurutnya, kondisi serupa bisa juga terjadi pada anak-anak yang tumbuh giginya jarang-jarang. Bisa jadi, anak tersebut mewarisi ukuran rahang yang besar tapi gigi yang tumbuh ukurannya kecil. Beruntung, kondisi-kondisi semacam ini bisa diatasi dengan cara melakukan pemasangan kawat gigi apabila mereka yang memilikinya merasa tidak nyaman.

"Gigi gingsul itu tidak berbahaya. Malah untuk sebagian orang, gigi gingsul dianggap bikin cantik. Tapi kalau sampai mengganggu pengunyahan, baru harus dilakukan tindakan," jelas drg. Diono, sebagaimana dikutip dari Okezone.com.

Sebelum melakukan tindakan terhadap gigi gingsul, drg. Diono menekankan ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama fungsi pengunyahan makanan terganggu atau tidak.

Apabila ada gangguan, maka dilakukan perataan dengan penggunaan kawat gigi. Nantinya gigi belakang akan dicabut agar gigi gingsul bisa masuk sejajar dengan gigi lainnya.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah fungsi estetik. Beberapa orang ada yang merasa gigi gingsulnya malah membuat penampilannya kurang maksimal dan ukurannya tidak pas. "Tapi perlu diingat gigi gingsul itu bukan satu kelainan, tapi pencampuran gen antara orangtua," pungkas drg. Diono.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index