Kejanggalan Terpidana Mati Asal Cina Kabur Lewat Terowongan di Lapas Tangerang

Kejanggalan Terpidana Mati Asal Cina Kabur Lewat Terowongan di Lapas Tangerang
Lubang di sel tahanan (kiri). Lokasi belakang lapas tempat keluarnya napi (kanan).

Riauaktual.com - Seorang terpidana mati kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten.

Narapidana kasus narkoba asal China benarama Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) itu berhasil kabur pada 14 September 2020 lalu.

Pihak Lapas Kota Tangerang menyebut Cai Changpan kabur melewati terowongan yang ia gali secara diam-diam selama enam bulan terakhir.

Terowongan itu digali Cai dari sel tahanannya hingga menembus ke saluran air yang ada di belakang lapas.

Namun sejumlah anggota Komisi III DPR menemukan kejanggalan pelarian terpidana yang divonis hukuman mati pada 2017 itu.

Hal itu teruangkap saat Komisi III DPR mendatangi Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (23/9). Mereka menemukan banyak kejanggalan dari peristiwa kaburnya Cai Changpan.

“Ada beberapa catatan khusus dari hasil pengecekan ini. Bahkan, bisa disebut ini aneh, karena setelah kita lihat kondisi di lokasi, ada hal-hal yang di luar rasional kita,” kata Wakil ketua Komisi III DPR Desmon J Mahesa di Lapas Tangerang, Rabu (23/9).

Menurut Desmon, keanehan itu terlihat dari beberapa hal, di antaranya tidak adanya bekas galian tanah di belakang lapas, tempat keluarnya Cai Changpan.

“Salah satu yang jadi catatan adalah kita tidak melihat adanya jejak bekas galian tanah. Seharusnya, kalau orang habis menggali tanah, tentu tanah galiannya itu ada, nah ini malah tidak ada,” ucap dia.

Selain itu, perwakilan Komisi III DPR ini menerima informasi adanya penghuni Lapas lainnya melakukan perusakan keramik yang dijadikan galian sang terpidana kabur.

“Kita lihat, sebelum lubang itu digali napi ini merusak keramik, dan kita cek seperti serpihan keramik itu enggak ada juga. Bisa dibilang, napi ini sangat rapi dalam membuat jalan tikus untuk dia kabur. Makanya, ini aneh, tidak mungkin dia sendirian,” ucap Desmon.

Anggota Komisi III, Habiburokhman membagikan video keanehan di lokasi kaburnya terpidana mati asal Cina tersebut.

Ada dua video yang dibagikan Habiburokhman melalui akun Twitter pribadinya, @habiburokhman pada Rabu (23/9).

Video pertama memperlihatkan kondisi kamar tahanan Cai Changpan. Di dalam sel tahanan itu terlihat lubang kecil yang disebut mengarah ke terowongan dan tembus keluar lapas.

“Kunker Komisi III ke Lapas Tangerang mengecek lokasi sel tempat kaburnya Napi asal negara China. Agak gak masuk akal, bisa gali lubang sepanjang ini tapi sisa urukan tanah tdk terlihat. Bgm menurut pendapat anda?,” tulis Habiburokhman.

Sementara video kedua memperlihatkan kondisi jalan di belakang Lapas. Pihak Lapas menyebut Cai Changpan kabur melalui terowongan di kamarnya yang tembus di belakang lapas. Jarak antara kamar Cai Changpan dan belakang lapas sekitar 20 meter.

Anehnya, tidak terlihat adanya bekas galian di belakang lapas yang disebut sebagai tempat keluarnya Cai Changpan.

“Ini lokasi tembusan terowongan pelarian napi asal negara China di samping LP Tangerang, hebat banget bisa pas gitu posisi lubangnya. Janggal gak sich? Bgm menurut pendapat rekan2?,” tandas Habiburokhman.

Berikut ini video yang memperlihatkan kejanggalan kaburnya terpidana mati di Lapas Kelas 1 Kota Tangerang:

Sumber: Pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index