Bupati Siak Alfedri memberikan sambutan saat peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya di Jalan Sapta Taruna.

Pembangunan Ponpes Darul Hadits Sultan Yahya, Bupati Alfedri: Saya Terinspirasi Dari Ustadz Abdul Somad

Selasa, 22 September 2020 - 16:54:55 WIB Di Baca : 574 Kali


Riauaktual.com - Keinginan Bupati Siak Alfedri untuk membangun Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Hadits di Kabupaten Siak akhirnya terwujud.

Dikatakan Alfedri, Ponpes Tahfiz Hadits di Siak tersebut diberi nama Darul Hadits Sultan Yahya, bertempat dijalan Sapta Taruna, Keluaran Kampung Dalam, kecamatan Siak.

Awalnya, cita-citanya tersebut bermula ditahun 2019 lalu. Saat itu, dia terinspirasi dari Ustadz Abdul Somad.

Menurut dia, UAS merupakan salah satu ulama ahli hadits yang mempunyai jemaah baik nasional bahkan internasional.

Dari dasar itulah dia bercinta-cita ingin membangun pondok pesantren Tahfiz Hadits, dengan harapan semoga anak-anak Kabupaten Siak yang menuntut ilmu bisa terinspirasi dari UAS.

"Alhamdulillah kita sudah meletakkan batu pertama pembangunannya, Senin kemaren, (21/09). Ide mendirikan pesantren Darul Hadits Sultan Yahya ini, terinspirasi awalnya dari UAS," kata Alfedri ke Riauaktual.com, Selasa (22/09/2020).

Selian itu, pada MTQ 2019 lalu kata Bupati Siak tersebut peserta bidang Tahfidz Hadits juga ikut diperlombakan.

"Ketika membuka MTQ ada tahun 2019 lalu, saya juga terpikir kenapa tidak membangun Ponpes Tahfiz Hadist, sedangkan cabangnya sudah ada dicabang perlombaan MTQ,"kata Alfedri.

Dia menyebutkan, pembangunan Ponpes Darul Hadits Sultan Yahya mendapatkan bantuan tiga ruang kelas dari PT Bumi Siak Pusako melalui dana CSR.

Menurutnya, Ponpes Darul Hadist Sultan Yahya merupakan Pondok Pesantren Tahfiz Hadist pertama di Provinsi Riau.

"Dengan adanya pondok pesantren Tahfiz Hadist ini, menambah jumlah pesantren yang ada di Kabupaten Siak menjadi 34 pesantren yang tersebar hampir diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Siak," tuturnya.

"Dan insyaallah, ini merupakan salah satu komitmen kami dalam meningkatkan nilai agama di tengah masyarakat. Mudah-mudahan dengan adanya Ponpes Tahfiz Hadist ini, menjadi pusat pengembangan Hadist dan mencetak para ulama di Kabupaten Siak dimasa yang akan datang,"tambahnya.

Sementara ketua yayasan Ponpes Darul Hadist Sultan Yahya Abdul Rasyid Suharto, membenarkan Ponpes Tahfiz Hadits tersebut ide dari Alfedri.

Dan didukung oleh Kemenag Siak, MUI Kabupaten Siak, Badan Wakaf Nasional perwakilan Kabupaten Siak, Baznas Siak serta para nazir Wakaf. 

"Untuk namanya sendiri diambil dari nama Sultan Siak ke-6. Yakni Sultan Yahya sebagai bentuk penghormatan dari jasa para Sultan," terang Rasyid. 

Ponpes Darul Hadist Sultan Yahya tersebut kata dia, bertujuan untuk mencetak generasi ulama hadist, yang luas ilmu serta wawasan.

"Ponpes Darul Hadist Sultan Yahya ini, masuk kedalam Pondok Salafiah dengan pendidikan kesetaraan Wusto dan Aulia.  Untuk saat ini, ijazah Pondok Pesantren sudah diakui oleh negara, yakni bisa di pergunakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," sebut Rasyid.

Untuk diketahui, Ponpes Darul Hadist Sultan Yahya tersebut sudah dibuka pada bulan september 2019 tahun lalu. Saat ini, santrinya mencapai 1.100 santri. (Inf/Baim)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com