Program One Day One Juz

Satu Hari, Murid MAN 1 Pekanbaru Selesaikan Satu Juz Quran

Satu Hari, Murid MAN 1 Pekanbaru Selesaikan Satu Juz Quran
Hafiz Quran di MAN 1 Pekanbaru. FOTO: ADE

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kegiatan khatam Quran merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di MAN 1 Pekanbaru, artinya bukan untuk kali pertama dilaksanakan.

"Namun, kali ini para peserta didik diharuskan membaca Al-Quran satu hari satu Juz (One day one Juz)," kata Humas MAN 1 Pekanbaru Atikah Hermansyah SPd, saat ditemui di sekolahnya usai pelaksanaan Khatam Quran, Kamis(6/3/2014).  

Menurut Atikah, khatAm Al-Qur'an ini menunjukan bahwa siswa itu mampu membaca Al-Qur'an dan Khatam Qur'an ini juga adalah hasil dari program sekolah mengaji. Jadi dengan sistem one day one Juz ini maka setelah satu bulan barulah diadakan khatam.

"Pada intinya, kegiatan Khatam Quran bukan agenda tahunan. Insyaallah, program One Day One Juz ini akan terus berjalan, jadi bisa saja tiap bulan anak anak akan ada khatam. Biasanya per tiga bulan kita mengadakan khatam Quran, namun dengan progam ini, tiap bulan lagi kita adakan Khatam Quran," ujar Atikah.

Lebih lanjut, untuk peserta khatam tersebut adalah seluruh warga sekolah, dari guru, peserta didik kelas X, XI dan XII semuanya megikuti khatam Quran. Karena program One Day One Juz tadi diperuntukkan kepada seluruh peserta didik dan majelis guru.

"Waktunya tergantung kapan mereka mau, bisa saja di rumah, di sekolah dan yang terpenting itu setiap hari diharuskan mengaji satu juz. Kemudian nanti akan dilaporkan ke guru pembimbing tiap kelasnya," tutur Atikah.

Harapannya, peserta didik bukan hanya sekedar membaca, akan tetapi diharapkan juga mampu memahami isi kandungan Al-Qur'an. "Sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam pembentukan akhlak yang mulia," harapnya. (ade)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index