Bupati Alfedri: Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Siak, Dengan Menerapkan Standar Prokes COVID-19

Bupati Alfedri: Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Siak, Dengan Menerapkan Standar Prokes COVID-19
Bupati Alfedri saat memimpin Hari Pramuka ke-59 di Kabupaten Siak

Riauaktual.com - Bupati Siak, Alfedri memimpin upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten dengan menerapkan standar protokol kesehatan COVID-19.

Kata Alfedri, peringatan hari pramuka tahun 2020 ini digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Setiap peserta apel diwajibkan untuk mengecek suhu badan, mencuci tangan pakai sabun dan mengenakan masker," kata Alfedri yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 gerakan Pramuka Siak, Jum'at (14/08/2020).

Usai memimpin upacara, Alfedri  menyerahkan penghargaan berupa lencana Pancawarsa kepada 6 (enam) orang pengurus Kwarcab Siak. 

Diantaranya, pancawarsa I sebanyak 4 orang, pancawarsa II 1 orang dan pancawarsa VI 1 orang. 

Meski gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak dan remaja, bukan organisasi sosial, sebut Alfedri, namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan kegiatan bakti sosial masyarakat dan pembangunan masyarakat. 

Alfedri menjelaskan, jumlah anggota gerakan pramuka saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia. 

"Jumlah ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang. Dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang adil dan sejahtera berdasarkan UUD 1945," ucapnya. 

Dikesempatan itu, Alfedri juga menyerahkan penghargaan untuk pramuka garuda sebanyak 114 tingkat siaga, 326 orang tingkat  penggalang dan 81 orang tingkat penegak. 

Wajah-wajah bahagia dan ceria tampak menyelimuti para pelajar tersebut, seperti yang terlihat pada Naura Alifa Rahma.

Pelajar putri dari Madrasah Aliyah Jabal Nur Kandis ini menyatakan, bangga bisa mewakili kecamatan Kandis untuk ikut Upacara hari pramuka di Kabupaten. 

“Senang sekali bisa ikut upacara hari pramuka disini, tidak semua orang bisa ikut. Dan alhamdulillah saya juga dapat penghargaan pramuka garuda dari Kak Alfedri selaku Ketua Kwarcab Siak," kata Naura siswi kelas XII ini. 

Ia berharap Pramuka bisa membantu pemerintah dalam pembangunan, terutama membantu pemerintah dalam menciptakan karakter muda sebagai calon pemimpin bangsa yang memiliki fisik, mental dan spiritual yang kuat di masa depan. (Inf/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index