62 Pelajar di Pekanbaru Peroleh Zakat Profesi Guru

62 Pelajar di Pekanbaru Peroleh Zakat Profesi Guru
Pembagin zakat kepada murid. FOTo; Ade

PEKANBARU, RiauAktual.com – Sebanyak 62 orang siswa SD, SMP, SMA dan SMK se Kota Pekanbaru menerima zakat profesi guru. Pemberian zakat senilai Rp 57.500.000 ini merupakan rekomendasi guru yang disampaikan ke Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) Disdik Pekanbaru.

Kegiatan ini merupakan periode Ke-3 dan khusus kali ini hanya anak-anak sekolah saja yang menerimanya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Prof Dr Zulfadil SE MBA didampingi ketua UPZ Disdik Pekanbaru Muzailis.

Pembagian zakat dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Pekanbaru, Sabtu kemarin. Zulfadil mengatakan, sampai sekarang ini sudah 809 orang masyarakat dan anak sekaolah  yang menerima santunan zakat dari guru, pengawas Disdik Pekanbaru. Zakat adalah perintah agama Islam sebagaimana tertuang dalam Al-Quran dan peraturannya sudah dituangkan dalam Peraturan Wako.

"Mudah-mudahan ini dapat menjadi bukti program sekolah berzakat yang dicanangkan oleh Walikota itu bisa kita buktikan dan dapat lebih baik lagi. Harapannya itu tentu bagi sebagian guru-guru kita yang belum memahami betapa pentingnya zakat itu nanti kedepannya bersedia untuk berzakat,” ujar Zulfadil.

Besaranya uang zakat yang diserahkan, imbuh Zulfadil Rp 750 ribu untuk SD, Rp 1 juta untuk SMP dan Rp 1,250 juta untuk SMA/SMK. Khusus zakat untuk siswa, papar Zulfadil, ada yang diberikan dalam bentuk sepeda. Namun pada hari ini zakat diserahkan hanya dalam bentuk uang.

“Sedangkan sebelumnya zakat yang diserahkan itu selain berbentuk uang juag ada dalam bentuk sepeda. Pemberian dalam bentuk sepeda ini merupakan bagian dari program sekolah bersepeda, sebagian dari sepeda tersebut, merupakan sumbangan dari para donatur,” ujarnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index