249 Murid SMAN 4 Pekanbaru Ikuti TO Jelang UN 14 April

249 Murid SMAN 4 Pekanbaru Ikuti TO Jelang UN 14 April
249 Murid SMAN 4 Pekanbaru Ikuti TO Jelang UN 14 April. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 14 April mendatang, SMAN 4 Pekanbaru telah mempersiapkan 249 siswa yang akan mengikuti UN dengan mengelar beberapa kali Try Out (TO). TO hingga pelaksanaan UN diprediksikan akan dilaksanakan sebanyak empat kali, yakni dari sekolah, MKKS, Disdik Pekanbaru dan lembaga bimbingan belajar.

"Kami sudah melaksanakan TO dari pihak sekolah. Untuk TO yang dilaksanakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri sudah dilaksanakan sejak 11 Februari lalu. Alhamdulillah, hingga hari ini yang merupakan hari terakhir pelaksanaan TO, kondisi tetap berjalan lancar, aman dan tertib. Semoga suasana ini bisa terus dipertahankan dalam pelaksanaan UN nanti," ujar Kepala SMAN 1 Hj Nurhafni MPd kepada RiauAktual.com di ruang kerjanya, Kamis (13/2/2014).

Dikatakan Nurhafni, banyak manfaat dari pelaksanaan TO, salah satunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa menjelang UN mendatang dan diharapkan dengan TO para siswa lebih siap, baik dari segi mental dan kompetensinya.

"Soal TO dibuat oleh MGMP Pekanbaru berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan UN. Kisi-kisi yang ada dalam materi UN memang buat untuk soal TO, sehingga siswa sudah paham model dan jenis soal UN," ungkapnya.

Lebih lanjut, mata pelajaran yang di TO-kan, adalah mata pelajaran yang diuji dalam UN seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi.

"Hasil TO ini akan diberikan kepada siswa dan orangtua untuk memberikan gambaran inilah kemampuan anaknya. Hal ini juga berguna untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi siswa untuk terus lagi belajar terhadap hasil yang dicapai dari hasil UN," papar Nurhafni lagi.

Ditambahkan Nurhafni, bagi guru pelaksanaan TO itu juga sebagai bahan evaluasi kemampuan guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa. Sehingga, guru bisa mengetahui materi mana siswa yang lemah. Agar itu bisa segera diperdalamkan dengan pembahasan yang lebih mumpuni dan mudah dipahami siswa melalui metode
pembelajaran yang jauh lebih menarik.

"Kami berharap dengan hal TO ini siswa bisa lebih siap dalam menghadapi UN. Diharapkan juga saat UN nanti siswa bisa meraih hasil yang memuaskan dan lulus 100 persen dengan nilai yang bagus. Sehingga, bisa mengantarkan mereka ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik," tutur Nurhafni. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index