Ada 5 Jurusan di SMK Teknologi

Biaya Sekolah di SMK Teknologi Pekanbaru Lebih Murah

Biaya Sekolah di SMK Teknologi Pekanbaru Lebih Murah
Abdul Jamal. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tahun ini memasukkan anggaran pembangunan SMK Teknologi yang dianggarkan dalam tahun jamak (Multi Years), dan kini masih dibahas di DPRD Kota Pekanbaru untuk disetujui.

Kepala Bidang SMA/SMK Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, kepada RiauAktual.com saat berbincang di DPRD, mengatakan bahwa pembangunan SMK ini nantinya diperuntukkan bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang kurang mampu dan berprestasi.

Sebab, biaya sekolah di SMK Teknologi tidak akan sama dengan biaya sekolah di SMK lainnya yang ada di Kota Pekanbaru. Hal ini jelas karena pembangunan sekolah mulai dari fisik hingga fasilitas penunjang dianggarkan dari APBD Kota Pekanbaru.

"Kita bikin lengkap, ada 5 jurusan tentang teknologi. Diantaranya teknik, mesin, alat berat, kelistrikan, dan otomotif. Nanti kita kajian lagi," ungkap Jamal.

Di SMK Teknologi yang akan dibangun di lahan milik Pemko Pekanbaru di kawasan Terminal AKAP Kelurahan Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki seluas 6 hektare, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang.

Seperti bengkel, labor, semua disediakan sebagai sarana penunjang. Hal ini dilakukan guna melahirkan sumber daya manusia dari Kota Pekanbaru yang siap paka di lingkungan kerja, apa lagi di Kota Pekanbaru kedepan akan ada PLTU di Tenayan Raya.

"Anggarannya Rp100,3 miliar, termasuk nanti untuk pembuatan DED. Kini masih master plan. Rencana pada 2016 sudah selesai dan langsung beroperasi dengan 10 lokal, setiap jurusan memiiki dua ruang kelas dengan per kelasnya 36 murid dan total keseluruhannya nanti tahap awal ini murid kita 360," terang Jamal lagi.

Selain itu, Abdul Jamal juga menambahkan bahwa, dengan adanya SMK Teknologi yang dibangun pemerintah ini juga untuk menampung murid yang ada di SMK lainnya yang saat ini sudah melimpah-ruah.

"Seperti di SMK 2, sekarang muridnya sudah 2.262 dengan kondisi fasilitas penunjang yang ada di SMK 2 Pekanbaru ini jelas tak layak, maka nanti sebagian kita pindahkan ke SMK Teknologi ini agar mereka bisa mendapatkan mendapatkan workshop standar dan fasiitas penunjang lainnya yang layak," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index