Olm Hewan yang Tidak Bergerak Selama Tujuh Tahun

Hewan Paling Malas di Dunia, Tujuh Tahun Bisa Tidak Bergerak Sama Sekali!

Senin, 06 Juli 2020 - 11:00:10 WIB Di Baca : 785 Kali


Riauaktual.com - Selama masa WFH merupakan masa kejayaan bagi para kaum rebahan, jika yang biasanya selalu sibuk saat pagi hari untuk pergi bekerja kini bekerja tanpa harus mandi terlebih dahulu juga bisa dilakukan.

Berbicara tentang kaum rebahan di masa pandemi seperti ini nampaknya mereka masih kalah dengan binatang bernama Olm ini nih tipstrenners.

Bagaimana tidak hewan yang hidup dikegelapan ini bisa tidak bergerak sama sekali selama tujuh tahun lamanya. Hah kok bisa?

Di dalam gua Eropa, tepatnya di timur Bosnia – Herzegorina, para ilmuwan menemukan makhluk yang diberi nama Olm (Proteus anguinus) ini.

Kulitnya berwarna kekuningan, bentuknya dipercaya mirip dengan hewan yang populer dalam cerita dongeng, yakni Naga. Hewan Olm ialah hewan amfibi sejenis salamander yang hidup di kegelapan tanpa cahaya.

Karena hidup di ruang sangat gelap, hal ini berefek pada matanya. Hewan ini diperkirakan buta karena matanya tertutup oleh lapisan kulit.

Hal ini yang kemudian membuat Charles Darwin menjuluki Olm sebagai salah satu spesies peninggalan kehidupan purba.

Mata Olm disinyalir hanya berfungsi untuk mendeteksi keberadaan cahaya bukan untuk melihat semesta.

Makhluk dengan insang kecil ini memiliki kelebihan yaitu, indera penciuman yang sangat tajam. Ia mampu mendengar di bawah air, dan mampu mendeteksi gerakan di tempat tinggalnya.

Para ilmuwan menyimpulkan, sifat malas bergerak yang dimiliki Olm merupakan strategi untuk hidup lebih lama. Olm juga bisa disebut dengan nama Human Fish.

Satu hal yang membuatnya patut ditiru ialah, meski pemalas, ia rupanya species yang memiliki kewaspadaan cukup tinggi.

Ayo kaum rebahan kalian mau meniru si Olm ini yang tujuh tahun tanpa bergerak nggak?

 

 

Sumber: pojoksatu.id





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com