Tanamkan Rasa Cinta Lingkungan, SDN 88 Pekanbaru Terapkan Mapel PLH

PEKANBARU, RiauAktual.com - Guna menanamkan rasa cinta lingkungan kepada peserta didiknya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 88 yang berada di Jalan Dr Sutomo menerapkan Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).

"Dengan penerapan mapel tersebut, siswa bisa mengerti akan makna dari pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan," ujar kepala SDN 88 Hj Yuslinar Yunus SPd MM, Jumat (31/1/2014).

Dikatakan Yuslinar, jika siswa sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, maka nanti akan tercipta suasana nyaman dan sejuk di lingkungan sekolah.

"Karena bagaimanapun mereka akan memulai dari lingkungan sekolah, untuk itu saya berharap guru bisa berperan aktif mengarahkan siswa agar bisa lebih mencintai lingkungan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Yuslinar penerapan mapel PLH tersebut merupakan salah satu upaya sekolah untuk meraih adiwiyata nasional. Karena salah satu syarat untuk meraih adiwiyata nasional sekolah harus menerapkan mapel yang berwawasan lingkungan seperti PLH.

"Kami sudah memenuhi syarat lain seperti memiliki bank sampah dan pengolahan kompos. Tinggal penerapan mapel PLH saja yang harus diterapkan guna memenuhi kriteria penilaian adiwiyata," terang Yuslinar.

Yuslinar juga menambahkan, sekolah yang ia pimpin tahun lalu sudah mendapat predikat sebagai sekolah adiwiyata untuk tingkat Kota Pekanbaru. Namun tidak berlanjut ketingkat provinsi dikarenakan sekolah belum memiliki materi pembelajaran PLH.

"Makanya guna meraih adiwiyata kami menerapkan materi pembelajaran PLH tersebut. Namun bagaimanapun target kami bukan adiwiyatanya, tapi bagaimana mendidik siswa untuk cinta akan lingkungan," tambahnya. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index