Disdik Pekanbaru Sosialisasi UN 2014

Disdik Pekanbaru Sosialisasi UN 2014
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah menggelar sosialisasi pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2014. Sosialisasi yang berlangsung di aula Disdik Pekanbaru pada Rabu kemarin ini diselenggarakan selama dua hari, pada Rabu dilakukan sosialisasi untuk tingkat SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se Pekanbaru dan Kamis khusus tingkat SMP Negeri dan Swasta sederajat se Pekanbaru.

Ketua pelaksan UN 2014 Kota Pekanbaru yang juga Kabid sekolah mengengah Disdik Pekanbaru Abdul Jamal MPd, menjelaskan jika sosialisasi ini selain merupakan bahan evaluasi UN tahun sebelumnya juga memberikan pemahaman dan motivasi untuk menghadapi pelaksanaan UN tahun 2014 yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

"Secara umum sistem pelaksanaan UN 2014 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, hanya di bidang penugasan saja yang mengalami perubahan. Petugas dari perguruan tinggi dalam hal ini UNRI sebelumnya sebagai pelaksana dan pengawas tapi untuk tahun 2014 hanya sebagai pengawas," ujar Jamal, Jumat (31/1/2014).

Sementara untuk kriteria kelulusan peserta didik untuk ujian sekolah (US) ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan nilai sekolah yang harus mencakup nilai rata-rata minimum dari setiap mata pelajaran.

Dimana 70 persen untuk nilai rapor dan ujian sekolah 30 persen, ini salah satu tambahan perbedaan dari tahun lalu. Sedangkan kriteria lulus UN berdasarkan nilai akhir, dimana setiap mata pelajaran nilainya paling rendah 4, dan nilai rata rata minimal 5,5. Ini sama dengan tahun lalu, nilai ini adalah gabungan nilai sekolah dengan nilai UN.

"Bobot penilaiannya 40 nilai sekolah berbanding 60 nilai UN, sistim kelulusan UN tahun ini masih sama dengan tahun lalu," jelasnya.

Jamal menambahkan, pelaksanaan UN 2014 untuk tingkat SMA, SMK, dan MA yang berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 14-16 April 2014 dengan jumlah peserta SMA Negeri dan Swasta 7.091, MA Negeri dan swasta 96, dan SMK Negeri swasta 6.936 orang.

"Sementara untuk tingkat SMP sederajat, UN 2014 akan dilaksanakan mulai tanggal 5-8 Mei 2014, dengan jumlah peserta SMP Negeri dan swasta 12.244 orang dan MTs Negeri dan swasta 2.164 orang," tutur Jamal.

Ditambahkan Jamal, bersamaan dengan pelaksanaan UN bagi peserta didik formal, siang harinya akan dilaksanakan juga UN bagi peserta didik non formal (kesetaraan) paket B dan paket C.

Di tempat yang sama salah seorang peserta sosialisasi kepala SMK PGRI Pekanbaru Drs Shofrudin mengatakan pihaknya siap melaksanakan UN dengan semaksimal mungkin. Karena secara umum pelaksanaan UN 2014 tidak jauh beda dengan UN tahun lalu.

"Jumlah paket soal sama, sistem pelaksanaan UN juga sama, kita tinggal menyesuaikan dengan aturan yang telah ditentukan dalam sosialisasi UN tersebut," tutur Shofrudin. (ade)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index