Tim Kukerta UNRI Relawan Covid-19 Ikut Andil Dalam Pembagian Bansos Tunai di Desa Kubang Jaya

Tim Kukerta UNRI Relawan Covid-19 Ikut Andil Dalam Pembagian Bansos Tunai di Desa Kubang Jaya

Riauaktual.com - Selasa (09/06/2020) kemarin, Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Lawan Covid-19 Universitas Riau (UNRI) ikut terlibat langsung dalam pembagian bantuan sosial tunai (Bansos Tunai Tahun 2020) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Bantuan ini berupa uang tunai sebesar 600.000 untuk masing-masing KK (Kartu Keluarga) selama 3 bulan berturut-turut yaitu bulan Mei, Juni dan Juli. Pembagian Bansos Tunai ini telah terlaksana dua tahap yaitu bulan Mei pada Rabu (17/05/2020) dan Selasa (09/06/2020).

“Bantuan sosial tunai (Bansos Tunai Tahun 2020) ini merupakan bantuan tunai langsung dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang diturunkan oleh Dinas Sosial melalui PT. Pos Indonesia (Persero) yang dibagikan untuk seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19 bagi masyarakat yang bukan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)” kata Hendri Syafriadi, pihak PT. Pos Indonesia (Persero).

Untuk mekanisme persyaratan/pengambilan Bansos Tunai ini adalah dengan menunjukkan KTP elektronik, Kartu Keluarga Asli, Surat pemberitahuan dari kantor Pos dan foto Copy-nya kepada petugas relawan lawan Covid-19 dengan memperhatikan ketentuan pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker.
 
“Bantuan ini akan diberikan langsung kepada masyarakat yang telah dipilih langsung oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia dengan syarat masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu wajib menggunakan masker pada saat pengambilan Bansos Tunai ini, bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker akan diberikan masker secara gratis dari kantor Desa Kubang Jaya” ucap H. Tarmizi selaku Kepala Desa Kubang Jaya

“Bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19 dimana masyarakat sangat mengapresiasi tindakan dari pemerintah untuk memberikan Bansos Tunai dengan baik dan benar” ujar Leo selaku Ketua Kukerta Relawan Desa Kubang Jaya.
 
Selain itu, tim Kukerta relawan lawan Covid-19 juga membagikan Alat pelindung Diri (APD) berupa pelindung wajah (face shield) kepada seluruh pegawai kantor Desa Kubang Jaya dalam mendukung upaya menerapkan kebijakan New Normal. Kebijakan ini merupakan kebijakan untuk melaksanakan kehidupan normal sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Pelindung wajah atau face shield ini berguna bagi para pegawai kantor Desa Kubang Jaya dalam melayani masyarakat seperti pada saat pembagian Bansos Tunai pada saat ini,” sambung Leo. (rls) 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index