Tim Relawan Covid-19 Unri Bagikan Masker Kepada Masyarakat di Kecamatan Pangean

Senin, 08 Juni 2020 - 12:19:57 WIB Di Baca : 2503 Kali

Riauakutal.com - Jum'at (05/05/2020) kemarin, Tim relawan Covid-19 UNRI Kecamatan Pangean membagikan masker kepada masyarakat dalam mendukung upaya pemerintah menerapkan kebijakan New Normal. 

Kebijakan ini merupakan kebijakan untuk melaksanakan kehidupan normal yang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. 

Sebagaimana diketahi, ada beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan seperti, kewajiban menjaga jarak 1-2 meter, menggunakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh serta menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum. 

Kebijakan ini mulai diterapkan sekitar awal bulan Juni 2020, Kuantan Singingi merupakan salah satu kabupaten yang sudah memulai sosialisasi penerapan new normal. 

Dibawah pemerintahan Bapak Mahviyen Trikon Putra, S.E, kecamatan Pangean memulai sosialisasi kebijakan new normal. 

Kegiatan ini diawali dengan himbauan kepada para pembeli dan pedagang di Pasar Pangean untuk menggunakan masker ketika berinteraksi dimanapun terutama saat proses jual beli di pasar. 

Tim Relawan Kecamatan pada hari kamis telah memasang 3 buah spanduk di lokasi sekitar pasar, spanduk ini berisi himbauan wajib menggunakan masker ketika hendak memasuki daerah pasar. 

Pada jum'at pagi, pihak kecamatan, polsek Pangean beserta Tim Relawan Covid-19 melakukan pembagian masker kepada warga yang terlihat tidak memakai masker. 

Pedagang kecil dan sudah lanjut usia lebih diutamakan, selain membagikan masker tim relawan juga memberikan edukasi dengan menyebarkan selebaran yang berisi tentang upaya pencegahan coronavirus serta pedoman menghadapi kebijakan new normal. 

Tim berkeliling di pasar Pangean dengan menyerukan himbauan wajib menggunakan masker saat di pasar, dan peringatan ini akan berlaku secara terus-menerus selama kebijakan new normal dilaksanakan. 

“Himbauan ini bertujuan sebagai sosialisasi awal untuk meminta masyarakat menggunakan masker dimanapun dan kapapanpun serta mengikuti protokoler Kesehatan covid-19, untuk tahap selanjutnya akan diadakan sidak dan tindak lanjut kepada masyarakat yang tidak mematuhi aturan wajib menggunakan masker,” ujar camat pangean.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi warga untuk ikut serta menerapkan kebijakan new normal. 

Tim relawan covid-19 tetap memberikan contoh terlebih dahulu dengan menggunakan masker, hal ini agar warga yang diajak juga ikut serta melakukan hal yang dianjurkan. Berdasarkan fakta di lapangan, masih terdapat banyak warga yang tidak menggunakan masker sehingga himbauan ini dinilai perlu untuk dilakukan. 

Elpon, ketua tim relawan covid-19 UNRI kecamatan Pangean menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat perlu dilakukan mengingat banyaknya masyarakat yang belum menyadari tentang pentingnya menggunakan masker saat diluar rumah, walaupun Pangean dan Kuantan Singingi pada umumnya masih berada dalam kategori zona hijau. 

"Oleh karena itu, dengan kegiatan ini kami berharap kami mampu membantu pemerintah kecamatan dalam mengedukasi masyarakat," pungkasnya. (Rls)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com