Pemkab Siak Siap Jalani Fase Baru 'New Normal' Setelah PSBB, Ini Penjelasannya

Pemkab Siak Siap Jalani Fase Baru 'New Normal' Setelah PSBB, Ini Penjelasannya
Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Siak, Budhi Yuwono.

Riauaktual.com - Berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kabupaten Siak termasuk diantara 25 kabupaten/kota untuk menjalani fase baru 'New Normal', setelah melalui penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Menanggapi hal itu, Pemkab Siak melalui Sekretaris Gugus Tugas Budhi Yuwono menyatakan, sudah sangat siap menjalani fase tatanan suasana dan kondisi baru . 

Menurut Budhi, jauh sebelum PSBB dan fase new normal tersebut, masyarakat Kabupaten Siak sudah menjalankan beberapa butiran new normal dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita sudah sangat siap. Karena masyarakat kita sudah terbiasa sebelumnya dengan butir-butir new normal tersebut. Seperti, wajib memakai masker jika keluar rumah, menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum, berlakukan jam malam dan physical distancing,"kata Budhi ke Riauaktual.com, Rabu (27/05/2020).

Namun, kata dia, saat ini Pemkab lagi mempelajari konsep-konsep lain dari new normal tersebut.

"Yang belum kita terapkan terkait aturan terhadap anak sekolah. Sebab, kan masih libur. Mungkin saat masuk nanti, kita terapkan. Sebagai contoh, dulu satu meja duduk dua murid, nanti dalam penerapan new normal satu meja satu murid,"terang Budhi.

Selain itu, dia berharap jika sudah diberlakukan new normal di Kabupaten Siak, masyarakat diminta bisa bekerja sama untuk mentaati aturan dari new normal tersebut.

"Untuk mencapai hasil yang bagus, harus ada kerja sama yang baik dari masyarakat. Yang menjadi catatan kita saat ini, masih ada masyarakat melanggar aturan jam malam. Maka kedepan kita berharap hal itu tidak terjadi lagi. Semua ini kita lakukan untuk sama-sama memutuskan rantai penularan covid 19," pungkasnya. (Baim/Adv)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index