Arfan Usman : Jika Lulus Seleksi Sekda, Saya Siap Membantu Pak Alfedri

Arfan Usman : Jika Lulus Seleksi Sekda, Saya Siap Membantu Pak Alfedri
Arfan Usman

Riauaktual.com - Dengan seleksi terbuka yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), masuk ketahap selanjutnya.

Hasil dari seleksi yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi (Pansel) untuk jabatan tertinggi pratama dilingkungan Pemkab Siak tersebut, muncul nama Arfan Usman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Siak.

Menyikapi hal itu, Arfan mengatakan dirinya siap jika lulus seleksi administrasi lanjutan untuk menduduki jabatan Sekda Siak yang saat ini masih kosong, setelah Tengku Said Hamzah pensiun.

"Segala sesuatu saya serahkan kepada Allah SWT. Semua prosedur kita ikuti, jika nanti lulus seleksi, saya siap membantu Pak Alfedri untuk menjalankan roda pemerintahan siak"kata Arfan ke Riauaktual.com, Rabu (27/05/2020).

Sementara Bupati Siak Alfedri mengatakan, nama-nama yang lulus seleksi tersebut tidak hanya bagi jabatan Sekda, juga pejabat esolan II.

"Namanya sudah kita umumkan. Yang lulus seleksi tersebut tidak hanya yang seleksi sekda, namun untuk eselon II juga," Kata Alfedri.

Kata Alfedri, proses seleksi pejabat sekda maupun esolan II tersebut diperkirakan selesai pada Juni bulan depan. 

"Untuk waktunya, belum bisa kita pastikan. Baik untuk jabatan sekda maupun esolan II. Pasalnya, setelah selesai seleksi oleh tim Pansel, akan ada persetujuan dari Pemprov dan Mendagri,"terang dia.

Nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi calon Sekda Siak :

1. Arfan Usman (Kadiskominfo Siak)
2. Fauzi Asni (Kadispar Siak)
3. Wan Ibrahim Surji (Kadisperindag Siak)
4. Robiati (Plt Kadisos Siak)
5. Zulfikri (Plt Kadisdukcapil Siak)
6. Faly Wurendaresto (Kepala Inspektorat Siak), dan
7. Kaharuddin (Kasatpol PP Siak)

Dari ketujuh nama tersebut, Arfan Usman dinilai paling kuat untuk menempati posisi tersebut.

Pasalnya, selain dari pengalamannya selama bertugas di Siak, Arfan Usman juga salah satu putra asli siak yang cukup disegani masyarakat.

Diketahui, pengalaman kerja Arfan Usman di Pemkab Siak, pernah menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan pada tahun 2007 selama tujuh bulan.

Kemudian menjadi Kepala Dinas Pendidikan selama empat tahun, mulai dari 2007 hingga 2011.

Tahun 2012 ia dijadikan sebagai Staf Ahli Bidang SDM Bupati Siak selama satu tahun. 

Setelah itu, Arfan kembali dipindahkan untuk menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), yakni mulai tahun 2013 hingga 2017.

Pada Juli tahun 2017, barulah Arfan menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, hingga sekarang.

Selain calon Sekda definitif, juga muncul nama-nama yang lulus seleksi administrasi Eselon II yakni Robiati, Fauzi Asni, Hasmizal, I Wayan Widya Wiratama, Tengku Abdul Wahid, Wan Idris, Irwan Saputra dan Kaharuddin. 

Untuk jabatan eselon II tersebut, masyarakat siak menginginkan Wayan Widya Wiratama atau Robiati (Plt Dinas Sosial) untuk menjadi Kepala Dinas Sosial Siak. (Adv/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index