Hasil Test Swab 5 PDP Yang Meninggal di Siak Keluar, Ini Hasilnya

Hasil Test Swab 5 PDP Yang Meninggal di Siak Keluar, Ini Hasilnya
Kadis Kesehatan Kabupaten Siak, dr Toni Chandra

Riauaktual.com - Sudah ada 5 orang pasien dalam pemantauan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Siak yang meninggal dunia. Dari 5 PDP itu, 3 diantaranya sudah dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Riau.

"Warga Tionghoa dan SN warga Kampung Rempak serta bayi di Minas yang meninggal kemarin hasil swabnya negatif. Tinggal yang dari Dayun dan remaja di Tualang hasil swabnya belum keluar," kata Kadis Kesehatan Kabupaten Siak, dr Toni Chandra kepada Riauaktual.com, Selasa (28/4/2020).

Dijelaskannya, warga Tionghoa yang meninggal dunia ditengah wabah Covid-19 ini dinyatakan PDP dan dimakamkan sesuai protokol kesehatan ini memang sudah tua. Demikian juga dengan SN warga Kampung Rempak yang hasil rapid tesnya positif. 

"Untuk warga Dayun yang meninggal dengan gejala awal stroke dan sakit ditenggorokan itu usianya juga sudah di atas 50 tahun. Kita berharap hasil swabnya nanti juga negatif, sebab sejak wabah Corona ini melanda, Pemkab Siak sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penularan," ujar Toni lagi.

Kadis Kesehatan Siak ini menyebutkan, PDP yang dirawat di Rumah Sakit dan dinyatakan sembuh juga sudah ada 7 orang yang dipulangkan. 

"Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang baru datang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 ini. Karena kita tidak pernah atau, apakah kita termasuk orang tanpa gejala (OTG)," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Siak, Alfedri dengan tegas menyebutkan Pemerintah Kabupaten Siak tidak pernah menutup-nutupi hasil swab pasien dalam pemantauan (PDP) Covid-19 yang meninggal dunia. 

"Untuk perkembangan terbarunya, teman-teman media bisa datang ke Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Mess Pemda ini setiap pukul 4 sore. Nanti akan ada Asisten I Setdakab Siak, Budhi Yuwono dan Kadis Kesehatan yang akan menjelaskan perkembangan tentang Covid-19 di Siak," kata Bupati. (Adv/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index