Pemerintah Resmi Tiadakan Ujian Nasional 2020

Pemerintah Resmi Tiadakan Ujian Nasional 2020
Ilustrasi Ujian Nasional

Riauaktual.com - Pemerintah secara resmi mengumumkan untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) pada 2020. Keputusan tersebut diambil setelah Presiden Joko Widodo bersama menteri lainnya membahas soal penyelenggaraan UN di tengah pandemi virus Corona saat ini.

“Presiden Joko Widodo memutuskan meniadakan UN untuk 2020 yang sebelumnya sudah ada kesepakatan UN dihapus mulai 2021,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, Selasa (24/3).

Fadjroel Rachman menjelaskan, keputusan itu sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat.

Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respons Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha.

“Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing untuk memotong rantai penyebaran virus Covid-19. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pembahasan Ujian Nasional, Selasa, 24 Maret 2020, melalui video conference,” paparnya, sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id.

Lebih lanjut, Fadjroel mengatakan, UN ditiadakan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Dirinya pun menambahkan, kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index