Delapan Sekolah di Bireuen Dilatih Usaid Prioritas

Delapan Sekolah di Bireuen Dilatih Usaid Prioritas
Delapan Sekolah di Bireuen Dilatih Usaid Prioritas. FOTO: ist

BIREUN, RiauAktual.com – Sebanyak 8 SMP/MTs (5 SMP & 3 MTs) di Kabupaten Bireuen memulai tahap pelatihan pembelajaran konstektual dan manajemen berbasis sekolah hingga 28 November 2013. Delapan sekolah tersebut yakni SMPN 2 Bireuen, SMPN 4 Bireuen, SMPN 1 Samalanga, SMPN 1 Jeunieb, SMPN 3 Peusangan, MTsN Bireuen, MTsN Peudada, dan MTsN Matang Glumpang Dua.

Kegiatan yang berlangsung di Aula PPMG Wilayah 3 Bireuen tersebut merupakan bagian dari komitmen USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students) bersama Pemerintah Bireuen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bireuen hingga 2014. Kegiatan tersebut direncanakan akan dibuka oleh Kakankemenag Kabupaten Bireuen Drs Maiyusri.

Kegiatan pelatihan tersebut akan dilakukan secara bergelombang (pergroup). Setiap sekolah mengirimkan 15 guru dari 5 mata pelajaran (mapel) yaitu Bahasa Indonesia,  Bahasa Inggris, Matematika, IPS dan IPA. Secara bergantian, guru-guru mapel tersebut mendapatkan materi pembelajaran konstektual selama 3 hari termasuk praktik langsung yang dilakukan di sekolahnya selama satu hari.

Koordinator USAID PRIORITAS Provinsi Aceh, Ridwan Ibrahim berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidik pada SMP dan MTS di Kabupaten Bireuen.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini para pendidik memperoleh ilmu yang bermanfaat yang akan diterapkan di sekolah masing-masing,” harap Ridwan.

Keseluruhan kegiatan pelatihan tersebut akan dipandu oleh Fasilitator Daerah (Fasda). Para Fasda adalah guru, kepala sekolah dan pengawas pilihan yang berasal dari Kabupaten Bireuen dan telah mengikuti tahapan pelatihan tingkat provinsi sehingga telah dianggap mampu melatih serta menyebarluaskan praktek yang baik kepada sekolah-sekolah lainnya di Bireuen.

Seperti diketahui, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Pemerintah Provinsi Aceh telah mengumumkan peluncuran program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS).

Di dalam kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Aceh USAID PRIORITAS membantu Kabupaten Bireuen dan 10 kabupaten/kota lainnya di Aceh. Program USAID PRIORITAS juga akan bekerjasama dengan para guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan siswa untuk menghadapi tantangan utama dalam menyediakan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan profesionalisme guru di 7 Provinsi atau 69 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (rls/hsb)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index