Pertamina Turunkan Harga BBM Hari Ini, Cek Detailnya

Pertamina Turunkan Harga BBM Hari Ini, Cek Detailnya
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com -  PT Pertamina (Persero) menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin dan solar hari ini, Minggu, 5 Januari 2020, pukul 00.00 di seluruh wilayah Indonesia. BBM Pertamina yang mengalami turun harga, yakni Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. 

Penyesuaian harga itu dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman bilang bahwa penyesuaian harga BBM umum tersebut merupakan aksi korporasi, yang mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik, terutama pelanggan setia produk-produk unggulan Pertamina," kata dia dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari viva.co.id. 

Adapun harga baru yang berlaku di sejumlah daerah berbeda-beda karena dipengaruhi perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah. Di wilayah Jakarta, harga BBM umum mengaami penurunan harga antara Rp600 hingga Rp1.500 per liter. Berikut penyesuaian harga BBM umum untuk wilayah Jakarta: 

Pertamax mengalami penyesuaian dari harga dari sebelumnya Rp9.850 menjadi Rp9.200 per liter

Pertamax Turbo mengalami penyesuaian dari harga sebelumnya Rp11.200 menjadi Rp9.900 per liter

Pertamina Dex mengalami penyesuaian dari harga sebelumnya Rp11.700 menjadi Rp10.200 per liter

Dexlite mengalami penyesuaian harga dari harga sebelumnya Rp10.200 menjadi Rp9.500 per liter

Sementara untuk detail penyesuaian harga BBM di wilayah lainnya dapat dilihat di situs resmi Pertamina, www.pertamina.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index