Kader PAN Diminta Tak Resah, Semua Sesuai Mekanisme

Kader PAN Diminta Tak Resah, Semua Sesuai Mekanisme

Riauaktual.com - Partai Amanat Nasional (PAN) telah membuka penjaringan bakal calon kepala daerah di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Walau diminta mengikuti mekanisme partai, namun tetap saja ada keder yang coba memakai jalur 'tol' menemui pengurus di DPP PAN.

Ketua Penjaringan Pilkada PAN Provinsi Riau, Mustafa Kamal  menegaskan, semua kader maupun non kader yang maju di Pilkada serentak tahun 2020 harus mengikuti mekanisme. DPP PAN sudah menyerahkan penjaringan kepada daerah ke tim 9.

"Jadi kita minta kader jangan resah jika ada yang mencoba langsung ke DPP. Semua sudah ditentukan melakukan mekanisme. Jika ada yang mencoba ke DPP, malah DPP pasti akan menyarankan ke kita," kata Ketua Tim 9, Mustafa di Kantor DPW PAN Riau Jalan Arifin Achmad Kamis (19/12/2019).

Dia mengakui, memang sudah ada bakal calon yang langsung mencoba lewat tol. Namun menurutnya hal itu sering terjadi dan tidak hanya di PAN saja. Namun demikian tetap semua mekanisme. 

"Mekanisme jelas, mendaftar, lengkapi persyaratan adminstratif, kembalikan formulir," ucapnya.

Nantinya kader yang memenuhi syarat akan diseleksi. Untuk menentukan siapa yang layak, akan ditentukan melalui hasil seleksi oleh lembagai survey. DPP PAN sudah menentukan lembaga surveinya berasal dari pusat.

"Kalau lembagai survei lokal nanti dinilai sarat kepentingan, jadi memang yang dipakai adalah lembagai survei yang kredibel," imbuhnya.

Sejak di buka pada 10 Desember 2019, sudah banyak kader maupun non kader yang mendaftar untuk maju melalui PAN.  Di sembilan kabupaten dan kota, semua kader PAN dipastikan ada yang mendaftar.

"Di daerah yang ikut Pilkada 2020, kader kita pasti maju," imbuhnya.

Khusus untuk Pilkada Siak, PAN sudah 'menguncinya' untuk petahana, Alfredri. Untuk itu diminta kader PAN di Siak harus memenangkan incumbent.

"Untuk Siak jelas kita dorong incumbent maju. Apalagi diakan Ketua DPD PAN Siak. Untuk wakil, harus mencarinya," tambah Wakil Ketua DPW PAN Riau Bidang Infokom, Makmur.

Namun karena semua daerah, PAN tidak bisa mengusung sendiri, diminta untuk berkoalisi dengan partai lain. 

"Semua daerah kita tidak bisa mengusung sendiri walau sebenrnya jumlah kursi kita banyak dan bagus. Namun tetap harus berkoalisi. Selain itu kita himbau juga kepada calon yang maju jangan mau diimingi-imingi oleh oknum yang katanya memiliki kedekatan sama si A si B. Ikuti saja mekanisme. Penutupan pendaftaran akan dilakukan pada 25 Desember," imbuhnya. (NAT)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index